Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ColorOS 14 Versi Stabil Rilis Global, HP Oppo di Indonesia Sudah Kebagian

Kompas.com - 17/11/2023, 11:03 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Oppo

KOMPAS.com - Antarmuka (user interface/UI) ColorOS 14 resmi meluncur secara global untuk pengguna ponsel Oppo di seluruh dunia. Pengguna ponsel lipat Oppo Find N2 Flip jadi yang pertama kebagian, menyusul jenis ponsel Oppo lainnya.

"Oppo hari ini mengumumkan peluncuran resmi ColorOS 14 versi global," tulis Oppo dikutip KompasTekno dari situs resmi Oppo, Jumat (17/11/2023).

Sebelumnya, ColorOS 14 versi beta digulirkan Oppo di sejumlah wilayah sejak Oktober lalu. ColorOS 14 merupakan antarmuka khusus untuk ponsel Oppo yang didasarkan pada OS Android 14.

Versi stabil yang dirilis hari ini juga sudah hadir bagi pengguna di wilayah Indonesia. Tim KompasTekno yang memakai perangkat Oppo Find N2 Flip sudah kebagian update ColorOS 14 ini pada Kamis (16/11/2023) malam.

Baca juga: Jadwal Update ColorOS 14 dan Daftar HP Oppo yang Kebagian

Menurut Oppo, ColorOS 14 membawa pembaruan dalam hal desain, yang diberi nama Aquamorphic Design, serta aneka fitur bertenaga kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Fitur ColorOS 14

Aquamorphic Design sudah tersedia sebelumnya di ColorOS 13. Namun bahasa desain itu ditingkatkan lagi di ColorOS 14 dengan efek audio dan sistem warna baru, sehingga pengalaman penggunaan ponsel menjadi lebih ringkas tetapi intuitif.

Pada aspek audio, ColorOS 14 membawa 10 set nada dering bertema Aquamorphic yang harmonis, untuk nada dering telepon, alarm, atau notifikasi. Oppo juga menambahkan tujuh audio baru ke ColorOS 14 untuk melengkapi pengalaman penggunaan antarmuka ponsel.

Sistem warna di ColorOS 14 juga ditingkatkan, sehingga bisa menyesuaikan dengan status, waktu atau konten yang sedang ditampilkan di layar ponsel.

Dengan penyesuaian warna yang cerdas itu, Oppo mengeklaim ColorOS 14 bisa membuat pengguna menerima informasi yang tampil di layar dengan jauh lebih efektif dan intuitif.

Aqua Dynamics

ColorOS 14 membawa desain baru yang disebut Aqua Dynamics. Menurut Oppo, desain ini memungkinkan interaksi yang lebih intuitif bagi pengguna.

Baca juga: Pengumuman 10 Tahun ColorOS Ungkap Jumlah Pengguna HP Oppo dan OnePlus

Sebab, fitur ini membawa aplikasi atau fitur yang sedang berjalan dalam sebuah kapsul dan ditempatkan di tampilan paling atas ponsel.

Kapsul itu bisa diklik, sehingga tampilannya jadi lebih besar. Dan pengguna bisa mendapat lebih banyak kontrol dari tampilan yang lebih besar ini. Contoh dari desain ini bisa dilihat pada gambar berikut.

ColorOS 14 membawa desain baru yang disebut Aqua Dynamics.Oppo ColorOS 14 membawa desain baru yang disebut Aqua Dynamics.

Always-On-Display baru

Di ColorOS 14, Oppo juga memoles tampilan Always-On-Display (AOD) menjadi lebih ramah lingkungan. Dalam praktinya, Oppo menyertakan tiga set tampilan AOD. Setiap setnya memiliki lima animasi yang didesain dengan tema lingkungan.

Di ColorOS 14, Oppo juga memoles tampilan Always-On-Display (AOD) menjadi lebih ramah lingkungan. Oppo Di ColorOS 14, Oppo juga memoles tampilan Always-On-Display (AOD) menjadi lebih ramah lingkungan.

Animasi itu akan berubah berdasarkan jumlah langkah harian pengguna. Hal ini seolah menjadi analogi bahwa emisi karbon berkurang dengan pengguna berjalan kaki, dibanding memakai alat transportasi lain.

Fitur bertenaga AI

Oppo juga menyertakan sejumlah fitur bertenaga AI di ColorOS 14, guna membantu pengguna lebih efisien dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com