Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Menjajal Samsung Galaxy M54 5G, HP Berbaterai 6.000 mAh

Kompas.com - 17/11/2023, 13:29 WIB
Lely Maulida,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Samsung akhirnya memboyong Galaxy M54 5G ke Indonesia. Smartphone ini baru saja diresmikan di Tanah Air pada akhir pekan lalu.

Seperti ponsel-ponsel Galaxy M-series pada umumnya, Samsung M54 5G juga mengandalkan baterai sebagai salah satu fitur unggulan dengan kapasitas 6.000 mAh. Samsung M54 5G juga dilengkapi kamera beresolusi108 MP serta layar Super AMOLED Plus berdiagonal 6,7 inci.

Baca juga: Samsung Galaxy M54 5G Resmi di Indonesia, Baterai 6.000 mAh Harga Rp 6 Jutaan

Dibandingkan pendahulunya. Samsung M54 5G yang hadir dalam warna Dark Blue and Silver datang membawa spesifikasi berbeda. Tampilannya juga baru dan senada dengan ponsel-ponsel lain yang dirilis pada 2023.

Tim KompasTekno berkesempatan mencoba Samsung Galaxy M54 5G varian warna Dark Blue. Bagaimana pengalaman kami menjajal ponsel ini dan apa saja kelengkapan dalam kotak penjualan Samsung M54 5G? Berikut ulasannya.

Unboxing Samsung Galaxy M54 5G

Samsung M54 5G dibalut dalam boks berkelir putih seperti Galaxy M-series dan A-series. Bagian depan kotak dihias dengan potret dari bagian depan ponsel di dalamnya, disertai teks "Galaxy M54 5G" dan "Samsung".

Keterangan RAM, storage dan warna ponsel terdapat di stiker di bagian bawah. Samsung M54 5G yang diulas di sini memiliki RAM 8 GB dan storage 256 GB. Kotak kemasannya terbilang ramping karena Samsung tak lagi menyediakan charger untuk ponsel kelas menengahnya.

Baca juga: Galaxy S21 Dijual Tanpa Charger dan Earphone, Ini Alasan Samsung

Samsung mulai memangkas aksesori charger dari kotak penjualan ponsel sejak tahun 2021. Awalnya kebijakan ini diterapkan untuk Galaxy S21 series, kemudian meluas ke Galaxy S22 series hingga ke ponsel kelas menengah Galaxy A-series dan Galaxy M-series seperti saat ini.

Adapun isi kotak penjualan Samsung M54 5G meliputi unit ponsel Samsung A54 5G, kabel USB-C ke C, panduan penggunaan singkat, kartu garansi serta ejector kartu SIM.

Isi kotak penjualan Samsung Galaxy M54 5GKompas.com/Lely Maulida Isi kotak penjualan Samsung Galaxy M54 5G

Desain ala Samsung di 2023

Samsung M54 5G tampil dengan layar Super AMOLED Plus 6,7 inci. Layarnya memiliki lubang punch hole kecil di tengah atas, guna menampung kamera depan ponsel.

Punggung ponsel ini dibalut bahan plastik dan finishing glossy, sehingga tampak berkilau ketika terpapar cahaya. Karena itu pula, punggung smartphone ini cukup mudah menangkap bekas sidik jari, tetapi mudah pula dibersihkan dengan kain atau tisu.

Finishing glossy juga membuat ponsel agak licin ketika digenggam. Pengguna bisa memakai soft case agar ponsel lebih aman.

Punggung Samsung M54 5G juga dihias tiga kamera yang disusun segaris secara vertikal. Konsep ini membuat tampilannya jadi identik dengan ponsel-ponsel Samsung lain keluaran 2023, mulai dari Galaxy A14 di papan bawah hingga Galaxy S23 Plus di kelas flagship.

Samsung Galaxy M54 5GKompas.com/Lely Maulida Samsung Galaxy M54 5G

Pendahulu Samsung M54 5G, yaitu Galaxy M53 5G yang rilis pada 2022, mengusung desain berbeda dengan modul kamera berbentuk persegi.

Baca juga: Bocoran Samsung Galaxy XCover 7, HP Tangguh yang Bisa Lepas Baterai

Di sisi kanan Samsung M54 5G terdapat tombol daya yang sekaligus merangkap sebagai pemindai sidik jari side mounted. Tombol daya ponsel itu diposisikan sejajar dengan tombol pengatur volume.

Tombol daya Samsung M54 5G diposisikan sejajar dengan tombol volume, di sisi kanan ponsel.Kompas.com/Lely Maulida Tombol daya Samsung M54 5G diposisikan sejajar dengan tombol volume, di sisi kanan ponsel.
Di sisi kiri ponsel, tersedia slot kartu SIM yang bisa dibuka menggunakan ejector yang tersedia di kotak penjualan. Lewat slot ini, pengguna bisa memasang dua kartu SIM sekaligus berjenis nano.

Samsung Galaxy M54 5GKompas.com/Lely Maulida Samsung Galaxy M54 5G

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com