Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profesor Ini Pakai Game "Zelda" untuk Mengajar Kuliah

Kompas.com - Diperbarui 21/11/2023, 09:50 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video game biasanya dimainkan sebagai salah satu cara untuk melepas penat. Namun, bagi seorang pengajar yang kreatif, game juga bisa menjadi alat pembelajaran.

Ryan Sochol, dosen bergelar profesor di University of Maryland, Amerika Serikat, menggunakan game untuk mempermudah proses pembelajaran mata kuliah desain mesin yang ia ajarkan.

Sochol menggunakan salah satu game yang paling populer di Nintendo Switch, yaitu The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom. Bahkan, mata kuliah yang ia ajar memiliki nama serupa game tersebut, yaitu "The Legend of Zelda: A Link to Machine Design”.

The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom merupakan game petualangan terbaru dari waralaba (franchise) The Legend of Zelda yang dirilis pada 12 Mei lalu.

Game ini utamanya menceritakan tentang misi penyelamatan putri "Princess Zelda" oleh karakter utama "Link", dan ia harus membasmi musuh yang bernama "Demon King" sebelum bisa menyelamatkan putri tersebut.

Dalam menjalankan misinya, Link bisa menggunakan perangkat canggih yang bernama Zonai. Perangkat ini bisa digunakan untuk berbagai hal, termasuk membuat konstruksi mesin dan kendaraan baru untuk kepentingan eksplorasi.

Fitur Zonai inilah yang bisa jadi menginspirasi Sochol untuk membuka mata kuliah berdasarkan game The Legend of Zelda.

Baca juga: The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom Dapat Ulasan Nyaris Sempurna

Fitur di dalam game The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom yang dipakai di proses pembelajaran kuliah di UMD.UMD.edu Fitur di dalam game The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom yang dipakai di proses pembelajaran kuliah di UMD.
Sochol sendiri mengatakan bahwa game ini ia pilih untuk kegiatan belajar di kampusnya karena memiliki aspek dan teori yang mirip dengan perangkat lunak (software) desain mesin lainnya yang berbasis computer-aided design (CAD).

"Ketika saya bermain game ini, saya tak sadar bahwa saya menggunakan pengetahuan saya yang biasa diajarkan di perkuliahan, terutama di tampilan game ketika mengkonstruksi suatu mesin, hingga mekanisme game untuk merancang kendaraan yang cukup canggih," kata Sochol dalam pernyataan resminya.

"Semakin lama saya bermain game The Legend of Zelda: Tears of Kingdom, saya merasa bahwa game ini bisa menawarkan pembelajaran unik terkait desain mesin kepada mahasiswa. Oleh karena itu, saya memilih game ini di mata kuliah yang saja ajar," tambah Sochol.

Mata kuliah The Legend of Zelda: A Link to Machine Design, yang termasuk ke dalam jurusan Teknik Mesin di UMD, akan mengajari mahasiswa untuk merancang, membuat purwarupa, sekaligus menjajal beragam mesin, kendaraan, atau robot yang mereka buat.

Proses pembelajaran ini akan mengandalkan beberapa fitur dan elemen di dalam game The Legend of Zelda: Tears of Kingdom, salah satunya fitur untuk membuat konstruksi mesin hingga kendaraan baru untuk menjelajah dunia di dalam game.

Suasana pembelajaran di UMD di mata kuliah Sochol dengan game Zelda.UMD.edu Suasana pembelajaran di UMD di mata kuliah Sochol dengan game Zelda.
Selain itu, tujuan dipakainya game Zelda ini adalah untuk membuat mahasiswa tak bosan mempelajari mata kuliah yang sedang diikuti, serta mudah untuk mempraktikkan apa yang telah mereka dapat melalui tampilan visual dari game itu sendiri.

Baca juga: Baldurs Gate 3 Salip Zelda Tears of the Kingdom Jadi Game dengan Rating Tertinggi

Lalu apabila dilihat dari segi biaya, game ini, menurut Sochol, juga dipakai sebagai alternatif yang lebih murah dari penggunaan software CAD yang membutuhkan lisensi dengan kisaran pembiayaan mencapai ribuan dollar AS atau sekitar belasan juta rupiah per tahun.

Nah, mata kuliah The Legend of Zelda: A Link to Machine Design ini diajarkan oleh Sochol dan sudah dibuka sejak perkuliahan di awal semester musim gugur (Fall) AS tahun ini, alias sekitar September lalu.

Rencananya, UMD, melalui Sochol, akan terus membuka mata kuliah The Legends of Zelda: A Link to Machine Design setiap semester dalam beberapa tahun ajaran ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari UMD.edu, Minggu (19/11/2023). 

Video demonstrasi dan kegiatan mata kuliah ajaran Sochol yang mengandalkan game The Legend of Zelda ini bisa ditonton dalam tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com