Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayaneo Slide Meluncur, Konsol Game Windows dengan Keyboard RGB

Kompas.com - 21/11/2023, 12:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Ayaneo meluncurkan konsol game genggam (handheld) Ayaneo Slide di pasar global, pada Minggu (20/11/2023).

Konsol game dengan sistem operasi (OS) Windows 11 ini memiliki bentuk (form factor) mirip konsol lawas PlayStation Vita (PS Vita) dengan layar yang bisa digeser ke atas.

Konsol game Windows 11 Ayaneo Slide ini dibekali dua sisi controller yang mengapit bagian layarnya.

Ketika layar Ayaneo Slide digeser ke atas, pengguna bakal menemukan keyboard QWERTY yang ditempatkan di bawah layar tersebut.

Dengan keyboard ini, pengguna bisa mengetik tanpa harus mengandalkan keyboard virtual.

Adapun dimensi keyboard ini adalah 136,8 mm x 41,2 mm, sedangkan dimensi Ayaneo Slide secara keseluruhan adalah 226 mm x 90 mm x 28,5 mm.

Sebenarnya fitur keyboard bukan hal yang baru karena sudah digunakan oleh konsol handheld lainnya seperti GPD Win dan GPD Win Mini. Bedanya, keyboard Ayaneo Slide sudah dilengkapi lampu RGB, sehingga bisa memunculkan variasi warna layaknya laptop gaming.

Nah, selain digeser, layar konsol game Windows 11 Ayaneo Slide juga bisa dimiringkan juga antara 10 hingga 30 derajat. Jadi, pengguna tidak lagi kesulitan menggunakan konsol handheld ketika terpapar sinar matahari yang silau.

Baca juga: Profesor Ini Pakai Game Zelda untuk Mengajar Kuliah

Spesifikasi Ayaneo Slide

Terkait layar, Ayaneo Slide mengusung panel IPS 6 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel, kerapatan piksel 368 ppi, volume gamut warna 100 persen sRGB, cakupan gamut warna 100 persen sRGB, rasio kontras 1000:1, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 400 nits.

Ayaneo mengeklaim Slide memiliki panel 6 inci dengan kualitas tertinggi. Sebagai perbandingan, konsol handheld Steam Deck OLED memiliki layar 7,4 inci, Asus ROG Ally 7 inci, dan Lenovo Legion Go 8,8 inci.

Konsol Ayaneo SlideAyaneo Konsol Ayaneo Slide
Di sebelah kiri layar, terdapat controller yang mencakup tombol analog, tombol direction pad (D-pad), tombol start, tombol select. Ada pula tombol trigger dan bumper di bagian punggungnya.

Sementara itu, controller kanan dibekali tombol ABXY ala Xbox, tombol analog, dua tombol fungsi, tombol trigger, dan tombol bumper.

Tidak dijelaskan kegunaan tombol fungsi, tetapi salah satunya memiliki logo Ayaneo, sehingga tombol kemungkinan bisa digunakan untuk memanggil software bawaan konsol tersebut, yakni Ayaspace 2.

Software ini dimanfaatkan untuk mengatur mode performa saat bermain game, mengatur kecepatan kipas, melihat kumpulan game yang sudah diunduh pengguna, dan masih banyak lagi.

Konsol game Windows 11 Ayaneo Slide ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 7840U dengan delapan inti (core) dan 16 threads. Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah AMD Radeon 780M (terintegrasi) dengan arsitektur RDNA 3.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com