Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Counterpoint: Pasar Ponsel Global Tumbuh Setelah 2 Tahun Lesu

Kompas.com - 23/11/2023, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laporan firma riset pasar dua tahun belakangan sejak 2021, pasar ponsel global alami kelesuan. Berbagai hal memengaruhinya, mulai efek pandemi Covid-19, kelangkaan chip, serta kondisi makro ekonomi global.

Namun kini pada kuartal III-2023, pasar ponsel global dilaporkan kembali tumbuh. Hal ini disimpulkan dalam laporan terbaru firma Counterpoint Research.

Menurut Counterpoint, volume penjualan ponsel (handphone/HP) secara global pada Oktober 2023 meningkat lima persen apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (Year-on-Year/YoY).

Conterpoint Research tak menyebut berapa unit smartphone yang terjual pada kuartal III-2023. Namun yang jelas, peningkatan ini merupakan "angin segar" bagi pasar ponsel dunia.

Baca juga: 5 Besar Merek Ponsel Dunia Versi Counterpoint, Samsung Teratas Ungguli Apple

Sebab, tereakhir kali volume penjualan ponsel global berada di kondisi seperti ini adalah pada Juni 2021 lalu.

Menurut Counterpoint, pertumbuhan yang dinanti setelah dua tahun lebih ini dipicu oleh beberapa hal. Salah satunya adalah pertumbuhan pasar ponsel di beberapa negara berkembang, terutama di wilayah Timur Tengah dan Afrika.

Ilustrasi grafik pertumbuhan volume penjualan di pasar ponsel global per Oktober 2023 berdasarkan data Counterpoint Research.Counterpoint Research Ilustrasi grafik pertumbuhan volume penjualan di pasar ponsel global per Oktober 2023 berdasarkan data Counterpoint Research.

Lalu, momen peluncuran ponsel baru Huawei di pasar China, seperti Mate 60 Series yang kabarnya mengalahkan penjualan iPhone 15, begitu juga momen perayaan Diwali (kumpul keluarga) di India yang biasanya diwarnai beragam promo dan diskon HP, disebut turut berkontribusi terhadap pertumbuhan positif di pasar ponsel global.

China dan India dikenal sebagai dua negara penyumbang terbesar penjualan ponsel global, sehingga wajar saja apabila kedua momen di atas berpengaruh pada volume penjualan ponsel di dunia per Oktober 2023 ini.

Baca juga: Smartphone Murah Jadi Pendorong Pasar Ponsel di Indonesia

Selain kedua momen di atas, peluncuran iPhone 15 Series pada September 2023 lalu, juga diklaim berkontribusi terhadap pertumbuhan pasar ponsel global dalam beberapa bulan ke belakang.

Untuk kuartal IV-2023 (Oktober-Desember), pasar ponsel dunia diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan positif, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CoounterpointResearch, Kamis (23/11/2023).

Dengan begitu, kondisi pasar ponsel global bisa kembali ke masa pertumbuhan positif seperti sebelum anjlok dua tahun lalu, terutama di era sebelum Covid-19, atau kelangkaan komponen ponsel dan masalah makro ekonomi global terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com