Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Tunduk "Publisher Right" Kanada, Setuju Bayar Media dan Batal Blokir Berita

Kompas.com - 30/11/2023, 10:22 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google berubah pikiran. Raksasa mesin pencari itu kini memastikan akan patuh pada Undang-Undang Berita Online (Online News Act) atau dikenal Bill C-18 di Kanada.

Regulasi tersebut serupa dengan "Publisher Right" di Indonesia. Aturan ini mewajibkan Google membayar konten berita yang didistribusikan di platform kepada media.

Google setuju untuk tunduk pada Undang-Undang Berita Online Kanada dengan membayar media/penerbit berita untuk konten yang dibagikan di platformnya.

Raksasa teknologi asal Mountain View, California, Amerika Serikat, itu juga batal memblokir akses ke konten berita Kanada dari layanan pencarian (Search), berita (News), dan penemuan (Discover).

Menurut President Global Affairs Google & Alphabet Kent Walker, Google berubah pikiran setelah diskusi panjang dan menyeluruh bersama Pemerintah Kanada.

"Setelah melakukan diskusi ekstensif, kami senang bahwa Pemerintah Kanada telah berkomitmen untuk mengatasi keberatan inti kami dengan RUU C-18. Adapun keberatan tersebut mencakup perlunya jalur pengecualian dengan ambang batas komitmen yang jelas," tulis Kent di blog resmi Google, sebagaimana dikutip KompasTekno, Kamis (30/11/2023).

Senada dengan Kent, Menteri Warisan Budaya Kanada, Pascale St-Onge, juga mengatakan bahwa pemerintah dan Google telah menemukan jalan tengah.

"Setelah diskusi produktif selama berminggu-minggu, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kami telah menemukan jalan ke depan bersama Google untuk penerapan Undang-Undang Berita Online (Bill C-18)," kata Pascale dikutip KompasTekno dari Reuters.

Aturan Bill C-18 sendiri disahkan Pemerintah Kanada pada 22 Juni lalu dan akan mulai berlaku akhir tahun 2023 ini.

Aturan tersebut ditujukan untuk platform teknologi seperti Google dan Meta. Google sebelumnya menentang aturan Bill-C18 Kanada karena menilai bahwa menampilkan berita itu bisa dilakukan semua pihak secara gratis di internet, tidak perlu membayar ke pihak penerbit.

Google kemudian menyatakan rencana pemblokiran itu pada Juni 2023. Sementara itu, Meta lebih dulu menerapkan pemblokiran berita Kanada pada 1 Agustus lalu.

Kent juga menambahkan, selagi Pemerintah Kanada mempersiapkan peraturan pengecualian tersebut, Google akan terus mendukung trafik berita ke media/penerbit berita Kanada.

Dengan kata lain, Google batal memblokir berita Kanada. Orang-orang di Kanada akan terus dapat mengakses konten berita layanan pencarian (Search), berita (News), dan Discover, baik dari penerbit lokal maupun internasional.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Perpres Publisher Right, Google, Facebook dkk Wajib Kerja Sama dengan Media di Indonesia

Google setuju bayar media Kanada Rp 1,5 triliun per tahun

ilustrasi Google.Bloomberg/ Michael Nagle ilustrasi Google.
Google memilih bertahan di Kanada karena tampaknya berhasil menegosiasi soal besaran pembayaran untuk media atau penerbit berita lokal.

Menurut laporan CBC News, awalnya, Pemerintah Kanada disebut meminta Google membayar sebesar 172 juta dollar AS atau setara Rp 2,6 triliun setahun kepada media lokal Kanada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com