Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengatasi File di Google Drive yang Hilang

Kompas.com - 02/12/2023, 11:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Google Drive merupakan penyimpanan awal dari Google yang sering digunakan pengguna untuk menyimpan dan berbagi file secara real time. Tak hanya digunakan secara prbaidi, Google Drive memungkinkan pengguna berbagi untuk mengakses penyimpanan dengan bebas dan fleksibel.

Kendati demikian tak jarang pengguna mengalami berbagai masalah. Salah satunya file Google Drive yang tiba-tiba hilang sehingga pengguna bingung mencari file yang hilang tersebut. Adapun terdapat beberapa kemungkinkan file di Google Drive hilang tiba-tiba.

Mulai dari pengguna yang tidak sengaja menghapus file tersebut, terselip di berbagai folder, maupun file yang dihapus oleh pengguna lain. Untuk mengatasi hal ini, berikut ini KompasTekno merangkum cara memukan file yang hilang di Google Drive.

Baca juga: Fitur-fitur Google Drive Tersembunyi dan Cara Menggunakannya

Cek panel aktivitas

Ilustrasi cara cek panel aktivitas di Google Drive Kompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara cek panel aktivitas di Google Drive

Cobalah untuk mengecek panel aktivitas Google Drive Anda terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan di mana tempat file dipindahkan. Selain itu panel aktivitas juga berguna untuk mengetahui aktivitas-aktivitas yang Anda lakukan. Berikut tutorial cara mengeceknya:

  • Buka Google Drive
  • Klik ikon “i” di pojok kanan atas
  • Pilih “Activity”
  • Nantinya akan muncul tab khusus sebelah kanan yang menampilkan berbagai aktivitas yang Anda lakukan di Google Drive

Melalui pengecekan panel aktivitas, Anda bisa mengecek ulang aktivitas Anda di Google Drive dan menemukan file yang hilang. Bisa jadi file yang hilang tersebut terselip di antara folder di Drive atau tidak sengaja terhapus

Unggah file ulang dan refresh

File yang baru saja terunggah di Drive dan Anda anggap hilang bisa jadi belum masuk di Google Drive. Hal ini bisa jadi karena file belum terunggah karena masalah koneksi internet. Cobalah untuk mengecek jaringan internet dan mengunggah kembali file Anda.

Setelah itu refresh atau segarkan browser kembali untuk memastikan apakah file yang terunggah sudah masuk dalam Google Drive.

Cek folder “Trash”

Ilustrasi cara memulihkan file yang terhapus di Google DriveKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara memulihkan file yang terhapus di Google Drive

Salah satu kemungkinan file di Google Drive hilang adalah tidak sengaja terhapus dan masuk ke folder “Trash” atau “Sampah”. Anda dapat mengembalikan file yang hilang tersebut dengan cara berikut ini:

  • Buka Google Drive dan pilih menu “Trash”
  • Di sini, Anda akan menemukan berbagai file atau folder yang sengaja atau tidak sengaja terhapus
  • Selanjutnya klik ikon titik tiga di pojok kanan file
  • Pilih “Restore”
  • Nantinya file yang terhapus akan kembali pada folder Drive Anda

Sebagai informasi bahwa file-file yang berada di folder Trash hanya bisa dikembalikam dalam jangka waktu 30 hari. Lebih dari 30 hari, pengguna tidak bisa lagi mengembalikan file yang terhapus

Bantuan Google Drive

Apabila dengan cara di atas file tersebut benar-benar tidak ditemukan, dan Anda merasa cukup penting mengembalikannya, maka bisa memanfaatkan situs bantuan Google Drive untuk memulihkannya. Berikut ini caranya:

  • Buka laman bantuan Google Drive berikut ini
  • Anda bisa klik “Hubungi kami”
  • Selanjutnya jelaskan masalah yang Anda alami terkait pemulihan file di Google Drive

Baca juga: Cara Upload Video ke Google Drive melalui HP, Mudah dan Praktis

Itulah beberapa cara mengatasi file di Google Drive yang hilang. Selamat membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com