Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti DND, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Medsos

Kompas.com - 03/12/2023, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa bahasa gaul di media sosial (medsos) yang sering dipakai pengguna. Salah satunya seperti istilah DND. Sebagian dari Anda mungkin sudah sering melihat kata tersebut nongol di linimasa medsos.

Di medsos seperti X (dulu Twitter), istilah DND kerap dipakai untuk menyebut sebuah mode atau pengaturan di perangkat smartphone. Salah satu contohnya contoh pemakaian istilah DND dengan konteks itu bisa dilihat lewat twit dari akun base dengan handle @convomfs.

Baca juga: Arti Istilah “Frugal Living”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Medsos

Dalam twit yang diunggah di akun @convomfs pada Selasa (21/11/2023), pengirim bertanya ke pengguna lain apakah memakai juga mode DND. Kemudian, pengirim juga menyertakan tangkapan layar berisi mode DND di HP.

Selain contoh tersebut, masih bisa dijumpai banyak lagi pengguna yang memakai istilah DND untuk menyebut sebuah mode di HP. Di sisi lain, meski istilah ini sudah banyak dipakai, tahukah sebenarnya apa yang dimaksud dengan DND?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai arti DND sebagai salah satu bahasa gaul yang sering dipakai di medsos.

Arti DND dalam bahasa gaul di medsos

Arti DND sejatinya merupakan singkatan dari istilah Do Not Disturb atau Jangan Ganggu. DND merupakan sebuah mode pemberitahuan di HP yang memungkinkan pengguna tidak mendapatkan notifikasi dari pesan, panggilan, atau aplikasi.

Baca juga: Arti Tanda Titik Koma atau “Semicolon” yang Sering Dibagikan di Medsos, Jangan Remehkan

Mode Do Not Disturb bisa mengheningkan sekaligus menyembunyikan semua notifikasi pada layar HP pengguna. Dengan kata lain, semua notifikasi SMS, telepon, atau aplikasi bakal disenyapkan secara total lewat mode pemberitahuan ini.

Meski disenyapkan secara total, notifikasi bukan berarti menjadi tidak bisa masuk di HP. Ketika mengaktifkan mode Jangan Ganggu, pemberitahuan hanya disembunyikan dari bar notifikasi di HP.

Dalam mode DND, pemberitahuan tetap bisa dilihat langsung di aplikasi. Mode DND memiliki fungsi untuk membantu pengguna supaya bisa lebih fokus dalam beraktivitas atau bisa juga lebih tenang saat beristirahat.

Lantaran suara dan tampilan pemberitahuan bisa disenyapkan, mode Jangan Ganggu berguna buat mengurangi gangguan kepada pengguna ketika sedang ingin fokus istirahat, bekerja, belajar, bermain game, dan sebagainya.

Mode Do Not Disturb membuat pengguna jadi tidak perlu melihat notifikasi-notifikasi yang mengganggu atau tidak diinginkan di tengah aktivitasnya. Dengan demikian, harapannya aktivitas yang tengah dilakukan pengguna dapat berjalan lebih optimal.

Baca juga: Arti Kata “Red Flag”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Twitter dan TikTok

Dalam pengertian ini, tak heran bila banyak pengguna di medsos yang memakai kata DND dengan konteks untuk menyebut sebuah mode di HP. Demikianlah penjelasan lengkap seputar arti DND yang merupakan mode pemberitahuan di HP, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com