Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 12 Dikabarkan Meluncur Pertengahan 2024

Kompas.com - 06/12/2023, 10:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PCGamer

KOMPAS.com - Windows 11 baru berumur 2 tahun sejak dirilis pada awal Oktober 2021, tapi kabar sistem operasi yang akan meneruskannya sudah mulai beredar.

Kabar tersebut berasal dari outlet The Commercial Times yang menyebutkan bahwa "Microsoft Windows 12 akan diluncurkan pada Juni 2024" di paragraf pertama sebuah artikel di situsnya.

Kemunculan sistem operasi terbaru itu kabarnya juga akan dibarengi oleh sejumlah teknologi berbasis kecerdasan buatan dan produk dari kategori komputer dengan artificial intelligence atau "AI PC".

Baca juga: OS Windows Kini Bisa Diakses dari iPhone, iPad, dan MacBook

Meski demikian, media bisnis asal Taiwan tersebut tidak menyebutkan bukti pendukung ataupun kutipan dari sumber industri sehingga terkesan kurang meyakinkan.

Rumor itu agaknya berasal dari komentar terkait pertumbuhan pasar PC dari sejumlah tokoh di industri komputer Taiwan, yakni Chairman dan CEP Acer Jason Chen dan/ atau Charman Quanta Barry Lam.

Disebutkan bahwa Barry Lam mengatakan "Di musim panas tahun depan, saat Microsoft meluncurkan generasi baru sistem operasi Windows, produk-produk AI PC juga akan menyusul hadir satu per satu."

Sementara itu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC Gamer, Rabu (6/12/2023), Jason Chen optimis tentang potensi AI generatif dan produk AI PC, yang agaknya bakal menjadi fokus utama di Windows 12.

Baca juga: Windows Paint Akhirnya Punya Fitur Ini Setelah 38 Tahun

Sebelumnya, sempat beredar beberapa rumor terdahulu yang ikut menyebutkan bahwa Windows 12 bakal dirilis tahun depan. Pernah pula muncul rumor bahwa Microsoft berniat memperpendek siklus rilis Windows menjadi tiga tahun sekali

Namun, Microsoft sendiri belum memberikan informasi resmi terkait keberadaan sistem operasi Windows berikutnya tersebut.

Jika benar meluncur tahun depan, maka Windows 12 bakal muncul jauh lebih awal dibanding kebiasaan peluncuran Windows versi baru oleh Microsoft belakangan ini.

WIndows 11, misalnya baru hadir sekitar 6 tahun setelah rilis Windows 10 pada 2015. Sementara, Windows 10 sendiri meneruskan Windows 8 keluaran 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com