Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Android Sharp Aquos R8s dan R8s Pro Rilis di Indonesia, Harga mulai Rp 13 Juta

Kompas.com - 06/12/2023, 13:53 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan elektronik, Sharp resmi memboyong smartphone kelas atas (flagship) terbarunya, yakni Sharp Aquos R8s dan Aquos R8s Pro ke Indonesia pada Rabu (6/12/2023).

Sebagai suksesor dari Aquos R7s series yang sudah dirilis lebih dulu pada Juli 2023, Aquos R8s masih mewarisi spesifikasi unggulan pendahulunya, yakni dibekali sensor kamera berukuran 1 inci.

Menurut National Sales Senior GM PT Sharp Electronics Indonesia, Andri Adi Utomo, sensor kamera di ponsel baru Sharp sudah mengalami peningkatan dibanding pendahulunya.

Peningkatan tersebut dilakukan untuk memperbaiki masalah kamera yang sebelummya ada di Aquos R7s series.

Baca juga: Alasan Sharp Tetap Rilis Ponsel Android di Indonesia

Dengan mengunggulkan kamera, Andri optimis bahwa hal tersebut bisa dijadikan nilai jual utama untuk mendongrak penjualan Aquos R8s series di Indonesia. Sebab, aspek tersebut cocok dengan kebiasaan konsumen Indonesia yang gemar mengabadikan momen keseharian.

Sharp Electronics Indonesia Smartphone Product Strategy, Sabar Yusuf mengungkap harga Sharp Aquos R8s series di acara peluncuran di Jakarta, Rabu (6/12/2023).KOMPAS.com/Caroline Saskia. Sharp Electronics Indonesia Smartphone Product Strategy, Sabar Yusuf mengungkap harga Sharp Aquos R8s series di acara peluncuran di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

"Hanya ponsel Sharp yang memiliki sensor berukuran 1 inci di Indonesia. Lewat spesifikasi unggulan yang berfokus pada fotografi, kami yakin hal tersebut dapat peningkatkan penjualan," ujar Andri kepada KompasTekno dalam sesi tanya jawab, Rabu (11/12/2023).

"Penjualan Aquos R8s series diharapkan juga dapat memenuhi target kami," lanjutnya.

Kedua smartphone baru bikinan Sharp ini juga merupakakan hasil rebrand dari Aquos R8 series yang sudah meluncur di Jepang pada Mei 2023.

Makanya, spesifikasi yang didatangkan serupa, seperti kompak ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, menjalankan OS Android 13, dan dilengkapi jack headphone 3,5 mm.

Harga Aquos R8s Pro di Indonesia.KOMPAS.com/Caroline Saskia. Harga Aquos R8s Pro di Indonesia.

Baca juga: Strategi Sharp Bertahan di Indonesia, Jaringan, Inovasi, dan Fokus Segmen B-C

Walau begitu, Aquos R8s "reguler" dan Aquos R8s Pro memiliki sejumlah perbedaan, seperti pada spesifikasi layar, baterai, kamera, dan opsi RAM.

Untul lebih jelasnya, simak rincian spesifikasi Sharp Aquos R8s dan spesifikasi Aquos R8s Pro di Indonesia berikut ini.

Spesifikasi Sharp Aquos R8s Pro

Sebagai varian tertinggi, Aquos R8s Pro datang dengan ukuran layar yang lebih besar. Ponsel dibekali layar berpanel OLED berukuran 6,6 inci dan beresolusi 2.730 x 1.260 piksel.

Layar juga memiliki refresh rate 240 Hz dan tingkat kecerahan maksimal 2.000 nits. Layar dihiasi takik alias poni menyerupai tetesan air (waterdrop) untuk menampung kamera depan beresolusi 12,6 MP.

Layar ponsel Android Sharp Aquos R8s reguler yang punya ukuran lebih kecil dari varian Pro, yakni berbentang 6.4 inci.KOMPAS.com/Caroline Saskia. Layar ponsel Android Sharp Aquos R8s reguler yang punya ukuran lebih kecil dari varian Pro, yakni berbentang 6.4 inci.

Sementara itu, bagian punggung terdapat dua kamera yang disematkan ke dalam modul berbentuk lingkaran. Konfigurasi kameranya terdiri dari kamera utama 47,2 MP dengan sensor berukuran 1 inci dan depth sensor beresolusi 1,9 MP.

Masih di bagian punggung, pelat yang melingkari modul kamera belakang juga memiliki fungsi lain. Pelat tersebut dibuat dengan bahan logam dan diklaim dapat mengantarkan panas dengan performa yang lebih baik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com