Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Tech Day 2023 Dibuka, Pamer Peralatan Serba AI

Kompas.com - 10/11/2023, 10:36 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp, resmi menggelar pameran teknologi "Sharp Tech Day 2023". Pameran ini diselenggarakan di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, pada 10 - 12 November 2023.

Jurnalis Kompas.com Yudha Pratomo menghadiri acara bertema "Be a Game Changer" ini secara langsung atas undangan dari Sharp Indonesia. 

Dalam acara, Sharp memamerkan serangkaian inovasi terbarunya berikut perangkat yang masih berbentuk purwarupa. Kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) tak ketinggalan ikut dibahas.

Baca juga: Sharp Tech Day 2023 Gelar 4 Zona Inovasi dan Teknologi Baru

Chief Technology Officer Sharp Mototaka Taneya mengatakan bahwa AI saat ini menjadi salah satu fokus pengembangan Sharp. Sebab, tren AI di masyarakat sudah sangat mengemuka dan banyak mengubah aspek-aspek kehidupan. Ini pula yang hendak dilakukan oleh Sharp.

"AI sudah berubah secara cepat dan semakin valuable. Sharp menyediakan peralatan-peralatan yang terhubung dengan konsep AI. Menjadikan AI sebagai 'rekan' sehari-hari'. Itulah salah satu tujuan kami," kata Taneya.

Dalam area Sharp Tech Day 2023 ada sejumlah booth yang digunakan untuk memamerkan teknologi AI hasil kreasi Sharp. Salah satunya adalah AI yang digunakan di kamera keamanan mobil.

Baca juga: Sharp Aquos Sense8 Meluncur dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Kamera 50 MP

Kamera tersebut berfungsi untuk memantau kondisi pengendara. Jika kamera mendeteksi adanya tanda-tanda tidak wajar dari pengendara, misalnya mengantuk, AI akan memberi peringatan dan mengambil alih kemudi.

Contoh lain adalah AI yang dibuat lebih personal untuk smarthome. AI ini dapat mengenali dan membedakan anggota keluarga, sehingga bisa mengatur alat-alat rumah tangga sesuai kebutuhan penggunanya.

"Saat ini AI bisa belajar dari input mikrofon atau kamera. Ke depannya, AI akan bisa membedakan bau. Bahkan tidak menutup kemungkinan AI akan memiliki panca indera yang lengkap seperti manusia," pungkas Taneya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com