Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Bikin Koper Oranye Pembawa Sinyal 5G

Kompas.com - 14/11/2023, 12:02 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Kotak besar berwarna oranye terang ini bukan koper biasa, yang berisi pakaian atau makanan. Di dalamnya terdapat komponen dan perangkat yang bisa menghadirkan jaringan 5G privat.

Koper ini dirancang dan dibuat oleh perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp. Koper 5G ini dipamerkan di acara Sharp Tech Day yang digelar pada 10-12 November 2023 lalu.

Menurut pihak Sharp, koper yang masih dalam bentuk prototipe alias purwarupa ini bisa menghadirkan jaringan 5G privat dengan radius 200 meter.

Koper ini, menurut Sharp, akan berguna saat kondisi tertentu. Misalnya ketika terjadi bencana alam dan penting untuk segera memperoleh informasi detail di lokasi kejadian, seperti gambar dari drone.

Guna mentransmisikan video berkualitas high definition yang bisa digunakan untuk memperoleh informasi rinci, maka dibutuhkan data dalam jumlah besar.

Sehingga, dibutuhkan jaringan yang dapat mengirimkan data berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar.

"Koper ini bisa digunakan untuk keadaan darurat karena tahan air dan mudah dibawa ke mana-mana," ungkap pihak Sharp yang memberi penjelasan pada KompasTekno.

Baca juga: Sharp Pamer Mesin Cuci Daur Ulang, Sekali Isi Air Bisa 100 Kali Cuci

Jaringan 5G private sendiri biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jaringan 5G andal dalam area terbatas, seperti di bidang pertambangan.

Koper pembawa jaringan 5G private dari Sharp ini berisi BTS 5G-NR, router, dan power supply, yang bisa dipasang di mana private network ingin digelar.

Rencananya, koper 5G buatan Sharp ini akan dijual kepada pemerintah dan pelaku usaha, bukan kepada konsumen akhir. Namun, Sharp belum mengungkap kapan koper ini akan mulai dipasarkan. "Ini untuk business to business," pungkas pihak Sharp

Baca juga: Kipas Angin Burung Hantu Sharp Bantu Healing Fisik dan Mental

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com