Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja CPU dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 09/12/2023, 12:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui soal cara kerja CPU (Central Processing Unit) dalam sebuah komputer. Pasalnya, komputer bisa dipakai buat mengerjakan berbagai tugas pengolahan data bergantung dengan CPU.

Untuk diketahui, komponen komputer terdiri dari perangkat input, perangkat processing, perangkat output, dan perangkat storage. Dalam keempat komponen komputer utama itu, CPU merupakan bagian dari processing device.

Baca juga: Cara Kerja Motherboard dan Komponen-komponennya yang Perlu Diketahui

Lantas, apa itu CPU? CPU adalah perangkat yang memiliki tugas untuk menerima instruksi, memproses atau mengolah data, dan menghasilkan output. CPU bertanggung jawab untuk mengontrol semua komponen agar dapat beroperasi dengan lancar.

CPU bertugas untuk menerima instruksi atau data yang dikirim dari semua perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Setelah data masuk, CPU bakal menghitung, memproses, dan menyajikan hasilnya kembali.

Dengan memiliki tugas utama yang demikian, CPU biasa disebut juga sebagai “otak” dari komputer. Tanpa CPU, komputer tak akan dapat digunakan untuk melakukan tugas komputasi atau pengolahan data.

Lantas, bagaimana cara kerja CPU dalam sebuah komputer? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara kerja CPU dalam menyelesaikan tugas-tugas komputasi.

Cara kerja CPU dan komponen-komponennya

Sebagai informasi, untuk mengerjakan tugas pemrosesan data, CPU secara umum terdiri dari tiga komponen atau unit inti yang meliputi ALU (Arithmetic Logic Unit), Control Unit, dan Register Memory Unit.

Control Unit bertugas untuk mengontrol aliran data yang keluar-masuk di komputer. ALU bertugas untuk melakukan perhitungan matematika dan mengambil keputusan logis dari data atau perintah yang masuk.

Kemudian, Register Memory Unit memiliki tugas untuk menyimpan data atau instruksi yang langsung digunakan saat pemrosesan. Semua data yang masuk bakal disimpan dulu di Register Memory Unit sebelum diproses.

Register Memory Unit dapat memiliki ukuran yang berbeda seperti 16 bit, 32 bit, 64 bit, dan sebagainya. Ukuran itu menentukkan seberapa banyak data yang bisa diproses CPU dalam satu waktu.

Setiap Register Memory Unit di dalam CPU memiliki fungsi yang spesifik, seperti menyimpan data, menyimpan instruksi, menyimpan alamat dari sebuah lokasi di memori, dan lain sebagainya.

Melalui ketiga komponen itulah CPU dapat bekerja. Ketiga unit pada CPU bakal bekerja dalam proses yang berhubungan untuk menyelesaikan tugas komputasi.

Baca juga: Komponen Komputer: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Fungsinya

Cara kerja CPU secara umum dapat diuraikan dalam tiga tahap utama, yaitu fetching (pengambilan), decoding (penerjemahan), dan execution (eksekusi). Proses ini berulang terus-menerus untuk menjalankan instruksi-instruksi dalam program komputer.

Pada tahap pertama fetch, CPU bakal mengambil instruksi dari memori utama, yang biasanya disimpan dalam RAM (Random Access Memory). CPU mengambil instruksi pada RAM berdasar alamat instruksi yang tersimpan di Register Memory.

Dikutip dari Easy Tech Junkie, setelah instruksi diambil, tahap selanjutnya adalah decoding. Pada tahap ini, CPU menerjemahkan instruksi dari bahasa mesin (kode biner) ke operasi yang harus dilakukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com