Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evolusi Game "GTA" sejak Pertama Rilis hingga "GTA 6", Awalnya Gambar 2D

Kompas.com - 12/12/2023, 09:36 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Sify

KOMPAS.com - Setelah penantian bertahun-tahun sejak perilisan terakhir Grand Theft Auto V (GTA 5) pada 2013 lalu, Rockstar Games akhirnya memastikan mereka akan menghadirkan game selanjutnya dari seri GTA, yaitu GTA 6 pada 2025 mendatang.

Pengumuman tersebut disampaikan lewat video cuplikan (trailer) perdana GTA 6 yang diunggah di kanal YouTube Rocksar Games pada Selasa (5/12/2023) pagi WIB lalu.

Dalam video trailer, bisa dipastikan bahwa game GTA 6 nantinya akan memiliki kualitas grafis tiga dimensi (3D) ciamik yang memanjakan mata.

Terkait GTA, seri game andalan Rockstar Games yang inti ceritanya "merampok mobil-mobil mewah" ini sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun lalu, tepatnya pada 1997. Kala itu, Rockstar Games merilis game Grand Theft Auto edisi pertama di platform PlayStation 1 (PS1), PC, dan GameBoy Color (GBC).

Baca juga: Video Trailer Game GTA 6 Pecahkan Rekor YouTube dalam 24 Jam

Menariknya, game GTA pada awalnya dibuat dengan tampilan dua dimensi alias 2D. Elemen desain game ini tetap dipakai pada game Grand Theft Auto 2 (1999), hingga berganti perlahan ke tampilan 3D pada Grand Theft Auto III (2001).

Kualitas gambar 3D di game GTA semakin bagus pada 2013 ketika game GTA 5 dirilis. Sehingga, bisa diprediksi bahwa tampilan visual GTA 6 akan semakin realistis dan lebih indah dari GTA 5.

Lantas, bagaimana perkembangan dan evolusi game Grand Theft Auto dari setiap edisi atau perilisannya sejak 1997 lalu?

1. Grand Theft Auto – 1997

Ilustrasi game Grand Theft Auto pertama.Rockstar Games Ilustrasi game Grand Theft Auto pertama.

Grand Theft Auto merupakan keluaran pertama dari seri game GTA. Game ini dirilis pada Oktober 1997 lalu di PC, lalu menyambangi konsol PS1 dan GBC beberapa waktu kemudian.

Seri GTA pertama ini memiliki mekanisme permainan (gameplay) dengan tampilan 2D yang memiliki sudut pandang kamera ala "mata burung" alias bird view yang bisa dilihat dari atas. Sehingga, pemain bisa melihat musuh atau kondisi sekitar dengan mudah.

Di game ini, pemain akan menelusuri kota "Liberty City" (kota yang diadaptasi dari New York, AS) dan memiliki misi utama yang berhubungan dengan perampokan, kejahatan, dan aksi kriminal lainnya.

Jika berhasil menyelesaikan misi, pemain akan mendapatkan "poin" yang bisa digunakan untuk membeli barang di dalam game.

2. Grand Theft Auto 2 – 1999

Ilustrasi game Grand Theft Auto 2.Rockstar Games Ilustrasi game Grand Theft Auto 2.

Pada September 1999, Rockstar Games merilis game GTA seri kedua yaitu Grand Theft Auto 2 di platform PS1, Dreamcast, PC, dan GBC. Game ini masih memiliki tampilan 2D khas game GTA pertama.

Baca juga: Game GTA 6 Pakai Peta Kota Vice City, Apa Itu?

Meski demikian, pengembang game ini beralih ke kota baru yang dinamai "Anywhere City", serta menambahkan dua mode tampilan baru yaitu Noon (siang) dan Dusk (senja) yang hanya bisa dinikmati di PC. Di mode Dusk, kualitas gambar diklaim akan lebih bagus dan tajam.

Mekanisme misi di GTA 2 juga lebih ditingkatkan, di mana pemain harus menelusuri berbagai tempat untuk menemukan misi tersembunyi yang berkaitan dengan jalan cerita di game tersebut.

3. Grand Theft Auto III – 2001

Ilustrasi game GTA 3.Rockstar Games Ilustrasi game GTA 3.

Game GTA berubah di Oktober 2001, di mana Rockstar Games merilis game GTA selanjutnya dengan nama Grand Theft Auto III (GTA 3) di PS2, serta di Xbox dan PC beberapa waktu kemudian.

Bisa dibilang berubah karena GTA 3 menggunakan tampilan visual 3D untuk pertama kalinya di seri GTA dengan sudut pandang orang ketiga (third person view).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com