Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 17.3 Bakal Bikin Maling iPhone Kerepotan

Kompas.com - 16/12/2023, 08:02 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple menggulirkan pembaruan sistem operasi (OS) iPhone iOS 17.3 versi beta untuk para pengmbang.

Pembaruan itu menghadirkan fitur keamanan baru, yakni fitur anti-maling iPhone yang disebut "Stolen Device Protection", yang akan membuat maling iPhone makin kerepotan.

Fitur ini merupakan lapisan keamanan tambahan dari fitur keamanan yang sudah ada di iOS sebelumnya. Jadi, fitur ini merupakan fitur pelengkap, bukan sebagai fitur pengganti.

Dengan menyalakan fitur Stolen Device Protection, nantinya sistem iOS akan meminta autentikasi pengguna baik lewat Face ID atau Touch ID, khususnya ketika pengguna hendak mengakses kata sandi atau passkey yang tersimpan di iCloud Keychain.

Baca juga: Wanita di China Curi iPhone 14 Plus dengan Cara Gerogoti Kabel Anti-Maling

Autentikasi itu juga akan diminta, misalnya ketika pengguna ingin mengajukan Apple Card baru, menon-aktifkan Lost Mode, menghapus semua konten dan pengaturan, melakukan pembayaran lewat metode yang disimpan di Safari dan lain sebagainya.

Berikut daftar tindakan yang memerlukan autentikasi ketika Stolen Device Protection diaktifkan:

  • Melihat/memakai kata sandi atau passkey yang tersimpan iCloud Keychain
  • Mengajukan Apple Card baru
  • Melihat kartu Apple Card virtual
  • Menonaktifkan fitur Lost Mode
  • Menghapus semua konten dan pengaturan
  • Memproses tindakan tertentu di Apple Cash dan Saving lewat Apple Wallet
  • Memakai metode pembayaran yang disimpan di Safari
  • Memakai iPhone untuk set-up perangkat baru

Bila pengguna, tidak bisa memproses autentikasi itu, maka tindakan yang hendak dilakukan juga tidak bisa diproses.

Nah, ketika iPhone pengguna berada di tangan pencuri, maka pencuri juga tidak bisa melakukan serangkaian tindakan di atas tanpa autentikasi.

Fitur anti-maling iPhone atau disebut Stolen Device ProtectionMacRumors Fitur anti-maling iPhone atau disebut Stolen Device Protection

Kemudian untuk tindakan yang tergolong sangat sensitif, misalnya untuk mengubah kata sandi akun Apple ID, fitur Stolen Device Protection akan menambahkan proses penundaan selain autentikasi biometrik tadi.

Baca juga: Pencuri Kembalikan HP Android Curian karena Bukan iPhone

Jadi, pengguna harus melakukan autentikasi dengan Face ID atau Touch ID, menunggu satu jam, lalu autentikasi ulang. Namun proses autentikasi ulang tidak diperlukan bila iPhone terdeteksi berada di lokasi yang familiar atau biasa dikunjungi pengguna, seperti di rumah atau di kantor.

Berikut daftar tindakan yang memerlukan autentikasi Face ID atau Touch ID dan waktu tunggu satu jam setelah Stolen Device Protection diaktifkan:

  • Mengubah password Apple ID
  • Memperbarui pengaturan keamanan akun Apple ID tertentu, termasuk menambah atau menghapus perangkat, nomor telepon terpercaya, Recovery Key atau Recovery Contact
  • Mengubah passcode iPhone
  • Menambah atau menghapus Face ID atau Touch ID
  • Menonaktifkan fitur Lost Mode
  • Menonaktifkan fitur Stolen Device Protection

Fitur Stolen Device Protection tersedia lewat menu Pengaturan (Settings) > Face ID & Touch ID. Namun perlu dicatat bahwa fitur ini baru digulirkan untuk iOS 17.3 versi beta.

Pembaruan yang sama akan digulirkan ke publik sekitar Januari atau Febriari 2024, dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Sabtu (16/12/2023).

Adapun model iPhone yang mendukung iOS 17.3 yaitu iPhone yang bisa menjalankan iOS 17, yaitu iPhone XS atau lebih baru.

Baca juga: 3 Fitur Baru WhatsApp di iPhone, Ada Pesan Suara Sekali Dengar

Fitur Stolen Device Protection terinspirasi laporan pencurian Joanna Stern dan Nicole Nguyen dari The Wall Street Journal pada awal tahun ini.

Mereka melaporkan kasus pencurian di mana pencuri memata-matai korban untuk mendapat password iPhone sebelum dicuri. Aksi ini seingkali dilakukan di tempat-tempat umum seperti bar.

Setelah mendapati password itu dan mencuri iPhone korban, si pencuri kemudian bisa mereset kata sandi Apple ID korban, mematikan fitur Find My, melihat kata sandi yang disimpan di iCloud Keychain untuk mengakses akun e-mail, bank dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com