Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 16/12/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu untuk mengetahui cara mempercepat koneksi internet di HP (handphone). Cara ini sangat dibutuhkan ketika pengguna mengalami masalah internet lemot di HP.

Masalah internet lemot di HP mungkin bakal membuat repot pengguna. Pasalnya, saat masalah itu terjadi, koneksi internet di HP akan lambat atau bahkan tidak bisa sama sekali. Internet lemot di HP merupakan masalah yang umum terjadi.

Baca juga: 5 Tips Mempercepat Jaringan Internet Telkomsel yang Bisa Dicoba

Tak setiap saat koneksi internet di HP lancar-lancar saja. Lantaran umum terjadi dan bakal cukup merepotkan, untuk berjaga-jaga, pengguna pada akhirnya penting untuk mengetahui cara mempercepat koneksi internet di HP.

Lantas, bagaimana cara mempercepat koneksi internet di HP? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mempercepat koneksi internet di HP.

Penyebab internet lemot di HP

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya untuk memahami dulu penyebab internet lemot di HP. Sebagaimana cukup umum diketahui, mengakses internet di HP biasanya dilakukan dengan menggunakan jaringan seluler dan jaringan WiFi dari router.

Masalah di tiap jaringan tersebut dapat menyebabkan koneksi internet di HP menjadi lemot. Misalnya, jika menggunakan jaringan seluler, salah satu penyebab internet lemot di HP adalah koneksi internet dari operator seluler yang dipakai tidak menjangkau area pengguna.

Kemudian, penyebab internet lemot di HP jika menggunakan jaringan seluler adalah pengguna mengaktifkan hotspot untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain. Alhasil, koneksi internet dari jaringan seluler di HP terbagi dan menjadi lebih lambat.

Sementara itu, jika menggunakan jaringan WiFi dari router, salah satu penyebab internet lemot di HP yang umum terjadi adalah router diletakkan terlampau jauh dengan HP, sehingga HP tidak dapat menangkap sinyalnya secara optimal.

Penyebab-penyebab lain yang memungkinkan menimbulkan masalah internet lemot di HP tak menutup kemungkinan, termasuk gangguan pada sistem HP, kesalahan pengaturan pada HP, dan gangguan pada perangkat router yang dipakai.

Itulah beberapa penyebab internet lemot di HP. Setelah mengetahui penyebabnya secara umum, berikut adalah cara mempercepat koneksi internet di HP dengan mudah dan praktis.

Cara mempercepat koneksi internet di HP

Cara mempercepat koneksi internet di HP itu cukup mudah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan pengguna untuk membantu mengatasi masalah internet lemot di HP, sehingga dapat mempercepatnya kembali.

Misalnya, jika menggunakan jaringan seluler, pengguna bisa memilih operator seluler dengan koneksi internet yang menjangkau area. Kemudian, jika menggunakan jaringan WiFi, pengguna bisa mengatur ulang posisi router dengan baik agar sinyalnya terjangkau.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara mempercepat koneksi internet di HP adalah sebagai berikut.

1. Pilih operator seluler dengan koneksi internet yang menjangkau area pengguna

Pertama, pengguna bisa mencoba untuk memilih operator seluler dengan koneksi internet terbaik di areanya. Tiap operator seluler memiliki jangkauan area koneksi internet. Tidak semua operator seluler menjangkau area yang ditinggali pengguna.

2. Gunakan jaringan seluler tercepat

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan jaringan seluler tercepat. Pengguna bisa mengatur jaringan seluler di HP agar lebih mengutamakan terhubung dengan jaringan 4G atau jaringan 5G (jika tersedia).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com