Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Game Favoritmu di Steam Year in Review 2023, Begini Cara Bikinnya

Kompas.com - 19/12/2023, 10:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform distribusi game milik Valve, Steam telah merilis fitur rekap tahunan bernama "Steam Year in Review 2023". Fitur ini memperlihatkan kebiasaan pengguna bermain game, melihat daftar game favorit, dan statistik gaming lainnya sepanjang tahun 2023.

Jadi, rekap tahunan ini mirip dengan PlayStation Wrap-Up 2023, Xbox 2023 Year in Review, dan Nintendo Switch Year in Review 2023 yang belum lama ini dirilis. Bedanya, rekap Steam tentu hanya berlaku untuk semua game PC yang dirilis di platform bikinan Valve itu.

Steam Year in Review sendiri sudah pernah digelar pada 2022.

Bila dibandingkan dengan edisi tahun lalu, tampilan rekap dan data yang dirangkum di Steam Year in Review 2023 bisa dibilang identik, kecuali datanya yang mencakup semua data dari 1 Januari 2023 hingga 14 Desember 2023.

Baca juga: Usia Steam di Windows Ini Tinggal Menghitung Hari

Adapun data yang ditampilkan mencakup berapa game yang dimainkan pengguna tahun ini, berapa pencapaian (achievements) yang dikumpulkan, apa saja game yang paling sering dimainkan pengguna, genre apa yang menjadi favorit gamer tahun ini, dan lain sebagainya.

Steam Year in Review 2023KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Steam Year in Review 2023
Pengguna juga bisa melihat koleksi tangkapan layar (screenshot) game yang dibuat, statistik yang berkaitan dengan konsol handheld Steam Deck, serta linimasa (timeline) gaming pengguna setiap bulannya pada 2023.

Steam Year in Review 2023KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Steam Year in Review 2023
Pantauan KompasTekno, Steam sudah menyiapkan sejumlah pesan (quote) spesial untuk berbagai game favorit pengguna.

Misalnya, kami mendapatkan pesan "In the names of Hades! Olympus, we accept this Replay!"(Dalam nama Hades, Olympus, kami menerima Steam Replay Ini), yang merupakan referensi langsung dari game aksi Hades.

Kemudian, ada pula pesan "Your favorite first person shooter's favorite first person shooter" (Game FPS paling disukai game FPS favorit Anda) untuk game Counter-Strike 2 (CS2). Hal ini merujuk pada bunyi biografi CS2 di media sosial X (dahulu Twitter).

Baca juga: Steam Deck Versi Terbaru Resmi Meluncur, Kini Pakai Layar OLED

Tidak semua game mendapatkan pesan khususnya sendiri. Contohnya saja game Persona 5 Royal dan The Great Ace Attorney Chronicles yang tampak tidak dibekali pesan seperti itu, setidaknya berdasarkan pemantauan kami.

Cara membuat Steam Year in Review 2023

Pengguna yang tertarik bisa membuat Steam Year in Review 2023 dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Steam, Selasa (19/12/2023):

Cara membuat Steam Year in Review 2023KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara membuat Steam Year in Review 2023

  • Buka situs Steam lewat tautan berikut ini, atau membuka aplikasi (launcher) Steam
  • Pengguna akan melihat sebuah spanduk (banner) besar bertuliskan "Steam Year in Review 2023. Review Your Year on Steam"
  • Ketuk banner tersebut untuk membuat Steam Year in Review 2023
  • Jika ingin membagikannya, ketuk "Share" di bagian atas halaman Steam Year in Review
  • Pilih bahasa Steam Year in Review yang diinginkan, misalnya Bahasa Indonesia
  • Dalam menu "Your Page Visibility", pilih "Public" atau "Friends Only", dan "Copy Link" untuk membuat tautan. Bagikan tautan tersebut ke teman
  • Bila ingin membagikannya di media sosial, pengguna bisa mengunduh gambar rekap Steam dalam format Instagram Feed, Instagram Stories, dan X.

Sejauh ini Steam tidak mengumbar kapan tenggat waktu pembuatan Steam Year in Review 2023. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna membuat rekap tersebut dari sekarang.

Nantinya, semua pengguna yang membuat Steam Year in Review 2023 bakal mendapatkan lencana (badge) spesial, yang bisa dilihat di menu "Profile" > "Badges". Lencana Steam berguna untuk menaikkan level Steam.

Dengan level Steam yang tinggi, pengguna bisa menambah lebih banyak teman ke daftar temannya. Tak hanya itu, pengguna diberikan opsi kustomisasi profil yang lebih luas ketimbang level rendah. Selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a

Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com