Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Tinggalkan Nama Xperia pada 2025?

Kompas.com - 20/12/2023, 17:18 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen perangkat elektronik, Sony, dikabarkan bakal menghapus merek Xperia sebagai lini ponsel buatannya. Padahal Xperia sudah dipakai Sony selama kurang lebih 15 tahun.

Menurut laporan media Notebookcheck, Sony konon akan meninggalkan nama Xperia pada tahun 2025. Meski begitu, penghapusan tersebut bukan berarti Sony keluar dari bisnis ponsel, melainkan akan menggantinya dengan nama baru. Akan tetapi, merek barunya belum terungkap.

Adapun alasan perubahan itu, menurut spekulasi yang beredar di media sosial China Weibo, adalah karena Sony ingin beralih ke bahasa desain baru untuk ponsel generasi selanjutnya.

Nah, karena bahasa desainnya berubah, maka penamaan produknya pun ikut berubah. Bila speskulasi ini benar, maka ponsel baru Sony nanti akan mengusung bahasa desain yang berbeda dari lini seri Sony Xperia yang ada selama ini.

Kabarnya, ponsel baru Sony di 2025 nanti bakal dilengkapi dengan kamera depan di bawah layar. Konsep ini berbeda dengan sejumlah ponsel terbaru Sony, yang umumnya mengusung kamera depan di bezel layar seperti smartphone pada umumnya.

Baca juga: Sony Xperia 5 V Meluncur, Sensor Kamera Jadi Andalan

Salah satu contohnya yaitu Xperia 5 V, dengan kamera depan di bezel layar. Ponsel ini dirilis pada September lalu.

Sony sendiri belum memberikan tangapan soal rumor ini. Terlepas dari rumor tersebut, perusahaan asal Jepang ini masih bertahan di pasar smartphone. Padahal, pangsa pasarnya jauh di bawah Samsung atau Apple.

Menurut laporan firma riset Statista Mei lalu, pangsa pasar smartphone global Sony hanya 0,35 persen sehingga menempati peringkat ke 14 dari 20 perusahaan smartphone paling berharga di dunia.

Sebagai informasi, Samsung pada periode yang sama menempati posisi teratas dengan pangsa pasar 27,97 persen.

CEO Sony, Kaz Hirai juga menegaskan bahwa perusahaannya akan terus membuat smartphone meski divisi ini tidak menghasilkan keuntungan signifikan, dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (20/12/2023).

Baca juga: Sony Xperia 10 V Resmi, Punya Layar Panjang dan Kamera 48 MP

Bakal salip Apple?

Bukan hanya Sony, Apple juga mencanangkan kamera depan di bawah layar untuk iPhone generasi selanjutnya. Untuk mewujudkan misi itu, Apple kabarnya bakal menggandeng LG.

Namun iPhone dengan kamera di bawah layar kemungkinan baru tersedia pada tahun 2027. Pasalnya komponen layar yang dipasok LG masih perlu disempurnakan untuk menunjang kamera selfie di bawah layar.

Bila bocoran ini sesuai jadwal, maka ponsel baru Sony dengan kamera depan di bawah layar nanti akan menyalip ponsel serupa dari Apple.

 

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a

Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com