Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

X Twitter Down Siang Ini, Timeline Kosong Hanya Tampilkan Iklan

Kompas.com - 21/12/2023, 13:17 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform media sosial X (dahulu Twitter) dilaporkan down pada Kamis (21/12/2023) siang ini. Masalah ini dilaporkan secara global, tidak hanya pengguna di Indonesia.

Pantauan KompasTekno sekitar pukul 13.00 WIB, aplikasi X Twitter di smartphone dan situs web, tidak bisa menampilkan twit atau posting pengguna X lainnya di timeline. Artinya, kami hanya disuguhkan timeline dengan tampilan kosong saja.

Twitter dilaporkan down siang ini, Kamis (21/12/2023). Timeline tampak kosong dan hanya menampilkan iklan.KOMPAS.com/Yudha Pratomo Twitter dilaporkan down siang ini, Kamis (21/12/2023). Timeline tampak kosong dan hanya menampilkan iklan.

"Iya Twitter down, tidak ada apa-apa di timeline," kata Pita, salah seorang pengguna X Twitter kepada KompasTekno.

Sementara pengguna lain melaporkan hanya bisa melihat twit iklan. Hal ini tampak dari tanda "ads" di kicauan yang muncul di timeline mereka.

"Berubah hanya seperti ini (menampilkan iklan)," kata pengguna X Twitter lainnya kepada KompasTekno.

Selain itu, masalah ini juga membuat pengguna tak bisa melihat postingan X Twitter dari pengguna lainnya melalui halaman profil mereka.

Ketika kami mengunjungi halaman profil pengguna lain, posting yang pernah diunggah pengguna tersebut tidak bisa dilihat juga alias kosong.

Di samping aplikasi, masalah ini juga kami alami di X versi web, baik itu melalui desktop (PC) maupun mobile.

Ketika mengakses situs X.com, kami disuguhi dengan tampilan "Welcome to X!", "Welcome to your timeline!", dan sejenisnya, tanpa menampilkan posting apapun. Tampilan ini mirip seperti saat baru pertama kali membuat akun X Twitter.

Baca juga: Chatbot AI Grok yang Bisa Bercanda Hadir di X Twitter

Dialami global

Twitter dilaporkan down siang ini, Kamis (21/12/2023). Timeline tampak kosong dan hanya menampilkan iklanKOMPAS.com/Reska Nistanto Twitter dilaporkan down siang ini, Kamis (21/12/2023). Timeline tampak kosong dan hanya menampilkan iklan

Masalah yang melanda X Twitter down ini juga dirasakan oleh ribuan orang lainnya.

Setidaknya begitu menurut situs web yang biasa mencatat status suatu platform di internet yaitu Downdetector.id.

Pantauan KompasTekno di situs web tersebut sekitar pukul 13.00 WIB pula, sudah ada sekitar 2.900 orang yang melaporkan bahwa X Twitter sedang dilanda masalah alias down.

Pengguna di Downdetector melaporkan bahwa mereka tidak bisa mengakses aplikasi (48 persen), mengalami masalah koneksi server (46 persen), serta tidak bisa masuk (login) ke dalam aplikasi (6 persen).

Baca juga: Kekayaan X Twitter Anjlok Setengah dari Saat Dibeli Elon Musk

Masalah ini juga tampak dialami secara global. Pantauan KompasTekno, akun dengan handle @tannertan36 membuat siaran Space di Twitter dan menceritakan bahwa ia juga mengalami masalah yang sama.

"X Twitter tampaknya tumbang secara global," kata dia.

Sesi siaran langsung di Space X Twitter ini diikuti sebanyak lebih dari 2.500 pengguna X Twitter lainnya. Sejumlah pengguna mengatakan mereka juga mengalami hal serupa.

Twitter dilaporkan down siang ini, Kamis (21/12/2023). Timeline tampak kosong dan hanya menampilkan iklan. Halaman downdetector mencatat adanya ribuan laporandowndetector Twitter dilaporkan down siang ini, Kamis (21/12/2023). Timeline tampak kosong dan hanya menampilkan iklan. Halaman downdetector mencatat adanya ribuan laporan

Belum bisa diketahui secara pasti apa penyebab X Twitter down hari ini. Biasanya, masalah terkait ini akan disampaikan atau diselesaikan pihak X atau Twitter dalam waktu dekat. Kita nantikan saja perkembangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com