Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menampilkan Lirik Lagu di Spotify Desktop dan Web

Kompas.com - 21/12/2023, 15:30 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi


KOMPAS.com
- Ketika Anda ingin menyanyikan lagu baru, fitur lirik lagu tentunya akan sangat membantu. Apalagi jika lirik lagu yang ditampilkan dapat menyesuaikan bagian lagu yang dinyanyikan secara real-time (langsung).

Nah, fitur ini juga tersedia di platform musik alir, Spotify. Spotify memiliki fitur lirik lagu real-time tersebut di semua aplikasinya, baik versi mobile, desktop, maupun web.  Hanya saja, tampilan dan letak ikon untuk mengaktifkan lirik lagu berbeda-beda antar perangkat.

Baca juga: Bos Spotify Ini Didepak Setelah Jual Sahamnya Rp 145 Miliar

Di smartphone misalnya, pengguna bisa langsung menggulir ke bawah untuk melihat lirik lagu real-time. Lirik yang sedang dinyanyikan akan ditandai warna yang berbeda untuk memudahkan pengguna mengikuti beat musik.

Kendati begitu, tampilan dari Spotify desktop ataupun Spotify Web, tampilannya berbeda. Pengguna harus mengeklik ikon tertentu untuk beralih ke halaman khusus lirik lagu. Berikut adalah langkah-langkah mengaktifkannya.

Cara menampilkan lirik lagu di aplikasi desktop dan web Spotify 

  • Buka aplikasi Spotify di desktop, pastikan sudah mengunduh aplikasinya. Atau, akses tautan open.spotify.com
  • Login akun Spotify yang sudah terdaftar
Klik ikon mikrofon, seperti gambar berikut, untuk mengaktifkan fitur lirik Real-time di SpotifyKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Klik ikon mikrofon, seperti gambar berikut, untuk mengaktifkan fitur lirik Real-time di Spotify
  • Pilih salah satu lagu yang ingin diputar
  • Bagian bawah kanan, terdapat ikon mikrofon. Klik ikon tersebut. Lirik lagu musik akan langsung muncul sesuai dengan bagian lagu yang tengah dinyanyikan.

Lirik lagu di Spotify juga bisa langsung diklik untuk berpindah bagian lagu tertentuKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Lirik lagu di Spotify juga bisa langsung diklik untuk berpindah bagian lagu tertentu

Lirik lagu yang ditampilkan tidak hanya bagian yang sedang dinyanyikan saja, tetapi langsung seluruh teks lagu yang dinyanyikan.

Baca juga: Ada Stiker Spotify Wrapped 2023 di WhatsApp, Begini Cara Menambahkannya

Pengguna juga dimungkinkan pindah ke bagian musik tertentu dengan mengeklik lirik lagu yang dimunculkan Spotify. Misalnya, jika ingin pindah ke bagian "Reff" atau bait kedua, tinggal klik lirik yang menjadi reff dari musik tersebut.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com