Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Karakter Pengguna di Spotify Wrapped 2023 dengan Mudah

Kompas.com - 02/12/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Spotify Wrapped 2023 sudah bisa dilihat pengguna sejak 30 November kemarin. Untuk diketahui, Spotify Wrapped 2023 adalah fitur rangkuman aktivitas pengguna yang terjadi sepanjang tahun ini pada aplikasi Spotify.

Baca juga: Cara Bikin Playlist Spotify dari Zodiak, Begini Cara Membuatnya lewat Zodiac Affinity

Setiap tahun, Spotify rutin menggelontorkan Spotify Wrapped. Di Spotify Wrapped 2023, terdapat berbagai fitur rangkuman yang menarik. Salah satunya seperti rangkuman karakter pengguna berdasar kebiasaan mendengarkan musik atau konten di Spotify.

Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023. Fitur ini sejatinya mirip dengan di Spotify Wrapped tahun lalu. Namun, fitur cek karakter pengguna di Spotify Wrapped 2023 memiliki grafik yang lebih menarik.

Di Spotify Wrapped 2023, terdapat 12 karakter yang menggambarkan kebiasaan pengguna dalam mendengarkan musik atau konten. Karakter-karakter itu antara lain meliputi Vampire, Alchemist, Time Traveler, Hypnotist, dan masih banyak lagi.

Fitur karakter pengguna berdasar kebiasaan mendengarkan musik ini dinamakan dengan “Me in 2023”. Lantas, bagaimana cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023? Jika tertarik mencobanya, berikut adalah cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023.

Baca juga: Ramai Game Eat This Playlist Spotify, Mirip Game Snakes tapi Makanannya “Lagu”

Cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023

Cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023 itu cukup mudah. Rangkuman karakter pengguna bakal disajikan bersama dengan daftar rangkuman lain di Story Spotify Wrapped 2023. Adapun cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023 adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Spotify di HP. Pastikan telah menggunakan aplikasi Spotify versi terbaru.
  • Selanjutnya, pada halaman Home klik menu “Your 2023 Wrapped” dan pilih opsi “Your Wrapped”.
    Ilustrasi cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023.
  • Setelah itu, bakal muncul kumpulan animasi singkat mirip Instagram Story yang memuat rangkuman aktivitas pengguna dalam memakai Spotify sepanjang tahun seperti tertera pada gambar di atas.
  • Pengguna dapat menggeser Spotify Wrapped 2023 untuk beralih dari satu konten ke konten lainnya.
  • Geser Story Spotify Wrapped 2023 hingga ke bagian tayangan rangkuman karakter pengguna berdasar kebiasaan mendengarkan musik atau konten.
  • Tayangan rangkuman karakter itu ditandai dengan adanya tulisan pembuka seperti ini “One moment please”.
  • Tonton tayangan itu hingga di akhir disajikan dengan animasi kartu yang harus diklik.
  • Setelah kartu diklik, pengguna bakal disajikan dengan salah satu karakter yang menggambarkan kebiasaan mendengarkan musik di Spotify.
  • Di setiap karakter yang diperoleh, pengguna bakal mendapatkan pula deskripsi penjelasannya.

Ilustrasi cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023.

Cukup mudah bukan cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023? Setelah mengetahui karakter dalam kebiasaan mendengarkan musik di Spotify, pengguna bisa langsung membagikannya ke media sosial dengan klik opsi “Share this Story”.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara cek karakter di Spotify Wrapped 2023 dengan mudah. Sebagai informasi tambahan, Spotify Wrapped 2023 bisa diakses oleh semua pengguna, baik pengguna dengan akun gratis maupun pengguna akun premium.

Ada banyak rangkuman aktivitas yang bisa dilihat pengguna di Spotify Wrapped 2023. Misalnya, pengguna bisa melihat daftar musik favorit atau daftar lagu teratas yang sering diputar sepanjang 2023 atau “Your Top Songs”.

Kemudian, terdapat juga daftar “Your Top Artist” berisi rangkuman artis teratas yang sering didengar. Selanjutnya, ada pula rangkuman total waktu yang dihabiskan pengguna untuk mendengarkan konten di Spotify.

Baca juga: Viral di TikTok, Ini Cara Bikin Spotify N Gen buat Tampilkan 10 Musik Favorit

Secara umum, daftar rangkuman yang termuat di Spotify Wrapped 2023 mirip dengan tahun sebelumnya. Namun, Spotify Wrapped 2023 menyajikan beberapa fitur yang lebih interaktif ke pengguna.

Pada Spotify Wrapped 2023, pengguna bisa memberikan ucapan terima kasih untuk artis favorit yang sering didengarkan. Kemudian, Spotify Wrapped 2023 juga akan menampilkan pesan dari artis favorit pengguna.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com