Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Pensiunkan Fitur "Mixed Reality" di Windows 10 dan 11

Kompas.com - 26/12/2023, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Microsoft

KOMPAS.com - Microsoft akan menghilangkan sejumlah fitur "usang" (deprecated) di sistem operasi (OS) Windows dalam beberapa waktu ke depan.

Salah satu yang akan "dimusnahkan" adalah fitur Windows Mixed Reality (WMR). Fitur yang berupa software ini, yang diperkenalkan pada 2017 lalu, memungkinkan pengguna menjalankan beragam hardware Mixed Reality (MR).

MR sendiri adalah pengalaman menikmati konten augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) secara bersamaan. Pada penerapannya, MR akan menciptakan sebuah lingkungan digital berdasarkan dunia nyata (VR) yang disematkan berbagai elemen atau obyek digital (AR).

Nantinya, aplikasi yang mengandalkan fitur WMR, seperti Mixed Reality, Windows Mixed Reality for SteamVR, hingga Steam VR Beta, juga akan tak berfungsi lagi setelah fitur WMR dihilangkan dari OS Windows.

Baca juga: Headset VR Meta Quest 3 Resmi, Berbasis Mixed Reality Mirip Apple Vision Pro

Tidak disebutkan mengapa Microsoft mempensiunkan fitur Windows Mixed Reality. Namun ada rumor bahwa hal ini berkaitan dengan divisi VR Microsoft saat ini sedang dilanda berbagai masalah.

Beberapa di antaranya seperti kesulitan perusahaan pasca kepergian bos AR/MR Microsoft Alex Kipman pada Juni lalu, hingga pemutusan hubungan kerja (PHK) yang berdampak pada sejumlah karyawan yang fokus di divisi AR/VR/MR sekitar awal tahun ini.

Ilustrasi tampilan layar Windows 11.microsoft.com Ilustrasi tampilan layar Windows 11.

Lantas, kapan fitur WMR akan hilang dari OS Windows? Microsoft tak menyebut informasi rinci tentang hal ini. Namun, mereka mengatakan bahwa fitur ini akan dihilangkan lewat pembaruan (update) OS Windows yang akan datang.

Tidak diumbar pula di OS Windows versi mana fitur Windows Mixed Reality akan dihilangkan. Yang jelas, beragam aplikasi yang mengandalkan WMR, seperti Mixed Reality Portal yang disebutkan di atas, hanya mendukung versi OS Windows 10 ke atas.

Baca juga: Bagaimana Cara Memulihkan File yang Terhapus di Windows 10? Ini Caranya

Artinya, fitur ini juga kemungkinan akan dihilangkan dari pembaruan (update) OS Windows 11 di masa depan, selain dari Windows 10 (awal munculnya fitur WMR), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Microsoft.com, Selasa (26/12/2023).

Selain Windows Mixed Reality, Microsoft juga berencana akan menghilangkan sejumlah fitur lannya di update OS Windows di masa depan.

Beberapa di antaranya seperti fitur Microsoft Defender Application Guard for Edge, Legacy Console Mode, Windows Speech Recognition, dan masih banyak lagi.

Daftar lengkap fitur OS Windows usang yang akan hilang di pembaruan mendatang bisa disimak dalam tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com