Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Nyata, Bahaya Kabel Charger Non-Apple untuk iPhone 15 Pro Max

Kompas.com - 28/12/2023, 19:09 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Seorang pengguna iPhone 15 Pro Max mendapati ponsel miliknya terbakar setelah diisi ulang semalaman. Padahal, iPhone tersebut belum lama dibeli pengguna.

Setelah diusut, ternyata penyebabnya adalah kabel charger yang dipakai bukan asli dari Apple, alias non-orisinil.

Kisah itu juga dibagikan di forum diskusi Reddit dengan judul "bahaya memakai aksesori murah".

Menurut pengguna dengan nama akun Reddit NoisilyMarvellous, awalnya ia merasakan bahwa iPhone-nya hangat. Namun tingkat hangatnya masih cukup wajar. Ia juga tahu soal peningkatan suhu pada iPhone 15 Pro Max yang beberapa waktu lalu banyak dilaporkan pengguna.

Namun setelah penggunaan selama satu bulan, iPhone 15 Pro Max miliknya terasa sangat panas, khususnya ketika diisi daya semalaman.

Baca juga: 4 Langkah Membersihkan Kabel Charger HP yang Kusam dan Kotor

"Setelah dipakai sebulan, iPhone saya jadi sangat panas saat mengisi daya semalaman, sehingga membuat jari saya terluka bakar," kata NoisilyMarvellous di Reddit.

Setelah dicermati, ternyata kabel USB-C yang dipakai NoisilyMarvellous adalah kabel non-orisinil alias bukan produk resmi Apple, yang dijual dengan harga lebih murah.

Saat diisi daya semalaman, kabel daya itu meleleh. NoisilyMarvellous mencoba melepasnya dari iPhone, sehingga tangannya terluka bakar akibat lelehan kabel.

Selain bodi kabel, logam colokan USB juga ikut terbakar. Bahkan logam USB-C tersangkut di port ponsel. Insiden itu juga membuat area sekitar port USB-C iPhone 15 Pro Max sedikit terbakar.

NoisilyMarvellous tak merinci merek kabel USB-C murah yang ia pakai untuk mengisi daya iPhone 15 Pro Max. Dia juga belum mengungkap lebih lanjut bagaimana kondisi iPhone setelah kabel pengisi dayanya meleleh.

Yang jelas, postingan NoisilyMarvellous dimaksudkan untuk mengingatkan pengguna lainnya agar memakai aksesori Apple orisinal atau yang berlisensi.

Adapun Apple maupun vendor smartphone lainnya menyarankan pengguna untuk memakai aksesori orisinal agar tidak terjadi malfungsi atau risiko lainnya. Sebab, tidak semua perangkat kompatibel dengan aksesori yang disarankan.

Baca juga: Mengenal Jenis Kabel Charger iPhone dari Masa ke Masa

Terkadang, diperlukan pula syarat tertentu agar perangkat berjalan semestinya, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (28/12/2023).

Saat laporan iPhone 15 Pro Max cepat panas mencuat misalnya, Apple menyarankan pengguna untuk memakai adapter daya dengan daya maksimal 20 watt. Sebab, lebih dari itu, ponsel akan lebih cepat panas.

Penyebab iPhone 15 Pro Max cepat panas

Menurut juru bicara Apple, salah satu penyebab iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max lebih cepat panas adalah karena adanya bug atau kesalahan pada sistem operasi iOS 17.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com