Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Resident Evil 4 Remake" Sudah Bisa Dimainkan di iPhone 15 Pro, iPad, dan Mac

Kompas.com - 21/12/2023, 16:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengembang sekaligus penerbit game asal Jepang, Capcom, meluncurkan game Resident Evil 4 Remake untuk perangkat iPhone, iPad, dan Mac, Rabu (20/12/2023).

Adapun perangkat iPhone yang bisa menjalankan Resident Evil 4 Remake mencakup iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Hal ini karena spesifikasi minimum main Resident Evil 4 Remake membutuhkan chip Apple A17 Pro. Adapun chip ini membawa sejumlah peningkatan, seperti GPU yang menawarkan performa 20 persen lebih "ngebut" daripada chip A16 Bionic.

GPU juga mendukung fitur kualitas pencahayaan di dalam game yang nyata alias ray tracing (hardware-accelerated).

Sementara di iPad, spesifikasi minimumnya adalah perangkat harus menggunakan chip M1 atau yang lebih baru seperti di iPad Pro/iPad Air dan Mac.

Resident Evil 4 Remake sendiri sebelumnya sudah dirilis di platform komputer (PC), konsol Xbox Series X/S, PlayStation 5 (PS5), dan PlayStation 4 (PS4) pada 24 Maret 2023.

Game yang digadang-gadang sebagai salah satu yang terbaik di tahun 2023, kemudian menyambangi ekosistem Apple pada Rabu kemarin. Game ini akan berjalan secara native melalui media penyimpanan (storage) perangkat, bukan melalui layanan cloud streaming.

Baca juga: iPhone 15 Pro-Max Bisa Mainkan Game PC AAA, Termasuk Resident Evil 4

Bila tertarik, Resident Evil 4 Remake dapat diunduh secara gratis lewat Apple App Store. Beberapa bagian dari game ini juga bisa dinikmati secara cuma-cuma, tetapi pengguna yang ingin menikmati keseluruhan game tersebut harus membayar 29,99 dollar AS (Rp 466.104).

Harga tersebut sudah termasuk diskon 50 persen yang berlangsung hingga 17 Januari 2024 mendatang. Setelah tanggal tersebut, harga Resident Evil 4 Remake akan kembali normal, yakni di kisaran 59,99 dollar AS (Rp 932.124).

Selain konten utama game, gamer juga bisa membeli konten tambahan (DLC) Separate Ways seharga 9,99 dollar AS (Rp 155.277), Extra DLC Pack seharga 14,99 dollar AS (Rp 232.918), dan berbagai Weapon Upgrade Ticket dengan harga maksimal 7,49 dollar AS (Rp 116.831).

Weapon Upgrade Ticket digunakan untuk meningkatkan berbagai atribut senjata pengguna dalam game, sehingga senjata tersebut makin kuat dan efektif digunakan dalam pertarungan. Jadi, bisa dibilang konten tambahan ini membantu mempermudah permainan Resident Evil 4.

Perlu dicatat bahwa pembelian masing-masing konten ini tidak dihitung sebagai pembelian keluarga (Family Sharing), sehingga setiap pengguna yang yang menggunakan fitur Family Sharing mesti membeli game tersebut secara mandiri.

Setelah membeli game ini, pengguna bisa menikmati Resident Evil 4 Remake di iPhone, iPad, dan Mac dengan menggunakan satu Apple ID.

Data pengguna akan disinkronkan lewat layanan Game Center, tetapi pengguna iPhone dan Mac sebaiknya tetap memastikan data sudah disinkronkan.

Resident Evil 4 Remake versi iOS, iPadOS, dan macOS juga mendukung controller, dan Capcom pun merekomendasikan pengguna untuk menggunakan controller. Daftar bahasa yang didukung mencakup Inggris, Jepang, Korea, Italia, dan masih banyak lagi.

Baca juga: PlayStation Holiday Sale 2023, Game PS4 dan PS5 Diskon hingga 95 persen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com