Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Ucapan Tahun Baru 2024 via ChatGPT, Bisa buat Atasan, Teman, atau Keluarga

Kompas.com - 30/12/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tak terasa sebentar lagi tahun 2024 akan tiba. Menjelang pergantian tahun seperti saat ini, terdapat beberapa kegiatan perayaan yang biasa dilakukan. Salah satunya adalah membagikan ucapan selamat Tahun Baru 2024.

Ucapan selamat Tahun Baru 2024 umumnya berisi pesan terkait refleksi atas kejadian atau kegiatan di tahun sebelumnya dan harapan pada tahun selanjutnya. Ucapan ini bisa dibagikan ke orang-orang sekitar.

Baca juga: 100 Link Download Twibbon Tahun Baru 2024 dan Cara Buatnya di Canva

Misalnya, atasan di perusahaan tempat bekerja, rekan bisnis, kolega, teman, dan keluarga. Jika hendak merayakan Tahun Baru dengan cara ini, pengguna tentunya perlu membuat ucapan Tahun Baru 2024 terlebih dahulu.

Namun, pembuatan ucapan tersebut bisa dibilang bukan pekerjaan yang mudah. Pasalnya, pengguna perlu merangkai kata yang tepat dengan memuat isi pesan yang sebisa mungkin disesuaikan dengan penerimanya.

Sementara membuatnya secara mandiri sulit, terdapat salah satu solusi yang cukup mudah untuk membantu menyusun ucapan Tahun Baru 2024, yakni menggunakan ChatGPT.

Sebagai informasi, ChatGPT merupakan program chatbot AI (Artificial Intelligence) yang dapat menjawab atau menanggapi berbagai perintah pengguna. Lewat kemampuan itu, pengguna dapat meminta ChatGPT untuk membuatkan ucapan selamat Tahun Baru 2024.

Dalam hal ini, pengguna mungkin ingin membuat ucapan Tahun Baru 2024 via ChatGPT. Lantas, bagaimana cara membuat ucapan selamat Tahun Baru 2024 via ChatGPT? Jika tertarik mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah.

Cara membuat ucapan Tahun Baru 2024 via ChatGPT

Cara membuat ucapan selamat Tahun Baru 2024 via ChatGPT itu cukup mudah. Pengguna tinggal memasukkan perintah atau prompt pada ChatGPT dengan kalimat tertentu untuk memintanya membuat ucapan sesuai keinginan.

Baca juga: 100 Link Download Gambar Ucapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang Menarik

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai langkah-langkah menyusun ucapan selamat Tahun Baru 2024 via ChatGPT adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah untuk membuat ucapan Tahun Baru 2024.
  • Kirim prompt tersebut ke ChatGPT.
  • Selanjutnya, ChatGPT bakal menyajikan ucapan Tahun Baru 2024 sesuai dengan perintah yang dimasukkan.
  • Jika hasilnya dirasa kurang sesuai, pengguna bisa klik opsi “Regenerate” dan ChatGPT bakal menyajikan variasi lain dari tanggapan sebelumnya.

Ilustrasi cara membuat ucapan selamat Tahun Baru 2024 via ChatGPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat ucapan selamat Tahun Baru 2024 via ChatGPT.

Cukup mudah bukan cara membuat ucapan selamat Tahun Baru 2024 dengan ChatGPT? Perlu diketahui, supaya bisa menghasilkan tanggapan yang sesuai, pengguna harus memasukkan prompt ChatGPT dengan tepat.

Adapun beberapa contoh prompt ChatGPT untuk menyusun ucapan selamat Tahun Baru 2024 adalah sebagai berikut.

Contoh prompt ChatGPT untuk bikin ucapan selamat Tahun Baru 2024

  • Buatkan ucapan selamat Tahun Baru 2024. Ucapan ini akan ditujukan untuk atasan di perusahaan saya bekerja. Dalam menyusun ucapan, berperanlah menjadi karyawan yang baik. Gunakan bahasa formal yang sopan dan hangat. Cantumkan pesan dan harapan.
  • Susunlah ucapan selamat Tahun Baru 2024 yang cocok dibagikan kepada teman. Gunakan bahasa yang hangat dalam membuat ucapan. Cantumkan harapan atas pertemanan.
  • Tolong buatkan ucapan selamat Tahun Baru 2024 yang ditujukan untuk keluarga. Ucapan harus memuat pesan dan harapan tentang keluarga di tahun baru ini.

Itulah beberapa contoh prompt ChatGPT untuk menyusun ucapan selamat Tahun Baru 2024. Perlu diketahui, prompt di atas hanyalah contoh. Pengguna tidak harus mengikuti sama persis dengan prompt di atas untuk membuat ucapan selamat Tahun Baru 2024.

Pengguna bisa membuat sendiri teks perintahnya sesuai keinginan dan kebutuhan. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara membuat ucapan selamat Tahun Baru 2024 melalui ChatGPT dengan mudah.

Baca juga: 3 Cara Buat Stiker WhatsApp untuk Natal dan Tahun Baru 2024

Penting diingat, hasil yang diberikan ChatGPT sebaiknya tidak dipakai secara langsung. Pengguna bisa meninjau kembali pesan yang disusunkan ChatGPT. Kemudian, pengguna dapat menyesuaikan isinya secara mandiri sesuai dengan kebutuhan.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com