Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Umumkan Jajaran TV QNED 2024 dengan Dukungan AI

Kompas.com - 01/01/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, LG, mengumumkan jajaran smart TV QNED dan QNED Mini LED baru untuk tahun 2024 ini. Perangkat ini hadir dalam beberapa ukuran layar, termasuk ukuran 98 inci.

Menurut LG, rangkaian TV barunya ini mengunggulkan sejumlah aspek utama, yaitu kualitas gambar, opsi yang bisa dipersonalisasi, desain yang ramping, serta dukungan AI tingkat lanjut yang lebih cerdas.

LG menggunakan prosesor AI α8 yang sudah ditingkatkan untuk rangkaian TV QNED 2024. Peningkatannya yaitu pada aspek AI dan kinerja grafis, sehingga membuat pengalaman menonton jadi lebih nyaman.

Lebih rinci, prosesor itu membawa fitur AI Picture Pro yang diklaim bisa meningkatkan kualitas gambar dengan menenali wajah, objek serta background setiap adegan yang ditampilkan.

Ada pula fitur Dynamic Tone Mapping Pro yang bisa mengoptimalkan HDR guna meningkatkan kualitas gambar 3D.

Selain itu, terdapat fitur Personalized Picture Wizard yang memungkinkan pengguna menyesuaikan kualitas gambar sesuai preferensinya.

Baca juga: LG Rilis Monitor Gaming Layar 4K OLED, Dual-Hz Pertama di Dunia

TV LG ini juga dilengkapi teknologi warna Quantum dot dan NanoCell, agar tampilan kontennya terlihat cerah.

Agar lebih lengkap, jajaran TV LG juga dibekali teknologi peredupan canggih, sehingga kecerahan dan kontras gambarnya bisa dioptimalkan.

Tidak hanya pada aspek visual, LG juga meningkatkan aspek audio jajaran TV barunya lewat AI Sound Pro.

Teknologi ini menawarkan audio surround virtual dengan konfigurasi channel 9.1.2 dan WOW Orchestra yang terintegrasi speaker TV dengan LG Sound Bar, sehingga menyajikan pengalaman audio 3D yang imersif.

Pada aspek desain, TV QNED 2024 hadir dengan ketebalan hanya 29 mm. Perangkat ini bisa ditaruh di bidang datar atau ditempatkan di dinding rumah.

Baca juga: Duo Monitor Pintar Baru dari LG Tak Perlu Tersambung ke PC

Jajaran TV LG ini berjalan dengan sistem operasi webOS yaitu sistem operasi smart TV LG berbasis Linux. Bersamaan dengan peluncuran jajaran TV barunya, LG memperkenalkan program webOS Re:New yang menawarkan upgrade sistem operasi sampai lima tahun.

Harga TV ini belum diumumkan oleh LG. Rangkaian TV baru LG nantinya akan dipamerkan perusahaan di ajang pameran teknologi CES 2024 yang berlangsung 9-12 Januari 2024, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Senin (1/1/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com