Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Pamer Prototipe TV AI Hemat Listrik

Kompas.com - 11/11/2023, 07:31 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Sharp memiliki cara agar televisi buatannya bisa lebih hemat listrik, yaitu dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Dalam ajang Sharp Tech Day 2023 yang digelar di Tokyo, Jepang, Sharp memamerkan teknologi pengaplikasian AI dalam peralatan elektronik rumah tangga. TV menjadi perhatian utama sebab jadi salah satu perangkat elektronik yang paling sering digunakan.

Agar TV-nya bisa hemat listrik, Sharp merancang prototipe/purwarupa televisi yang bisa mendeteksi arah pandangan pengguna, menggunakan bantuan kamera mungil di atas layar, dan AI.

Baca juga: Sharp Fokus Jual Smartphone Flagship di Indonesia

Saat TV menyala, namun penonton mengalihkan pandangannya untuk melakukan hal lain, seperti main HP, TV akan menyesuaikan ukuran gambar yang ditampilkan, misalnya menjadi lebih kecil, layar di sekeliling gambar layar yang kecil juga menjadi gelap.

Kamera mini yang ada di televisi purwarupa buatan Sharp, bisa mendeteksi arah pandangan pengguna.KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Kamera mini yang ada di televisi purwarupa buatan Sharp, bisa mendeteksi arah pandangan pengguna.

Menurut Sharp, dengan mengecilkan gambar serta meredupkan sekeliling, panel TV menjadi lebih hemat listrik, karena daya yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit.

"Ini bisa membuat lebih hemat. Energi yang digunakan jadi lebih efisien," ungkap salah seorang staff dari Sharp yang memberi penjelasan kepada KompasTekno, Jumat (10/11/2023).

Saat pengguna kembali mengarahkan perhatiannya ke layar televisi, ukuran gambar akan kembali menjadi normal. Televisi purwarupa Sharp ini juga bisa memantau jumlah energi yang digunakan menggunakan AI.

Baca juga: Sharp Pamer Mesin Cuci Daur Ulang, Sekali Isi Air Bisa 100 Kali Cuci

Jika televisi ini terhubung dengan perangkat smart home dan melihat adanya penggunaan energi listrik berlebih, maka televisi akan mengurangi tingkat kecerahan dan ketajaman warna.

Televisi purwarupa Sharp saat mengecilkan gambar di layar.KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Televisi purwarupa Sharp saat mengecilkan gambar di layar.

"Ini adalah proses untuk bisa menghemat daya. Meski kecil tapi jika dalam waktu yang lama, daya yang dihemat bisa lebih besar," ungkap Sharp.

Meski demikian, Sharp menjamin bahwa kualitas gambar yang dikeluarkan televisi tidak akan berubah signifikan, meski tingkat kecerahan dan ketajaman warnanya dikurangi untuk menghemat daya.

Karena masih sebatas purwarupa, belum bisa dipastikan kapan televisi ini akan dirilis untuk konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com