Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Ini Penyebab Gangguan Sinyal Indosat dan Tri Tadi Pagi

Kompas.com - 01/01/2024, 14:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jaringan operator seluler Indosat Ooredoo dan Tri dilaporkan mengalami gangguan berupa hilang sinyal pada Senin (1/1/2024) pagi. Gangguan banyak dikeluhkan lewat media sosial X (dahulu Twitter) dan situs Down Detector.

Keluhan gangguan jaringan ini terkonsentrasi di Pulau Jawa. Lokasi yang paling banyak dilaporkan mencakup Semarang, Sleman, Kudus, Yogyakarta, Surakarta, Malang, Surabaya, hingga Jakarta.

Dalam keterangan tertulis dari SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo
Hutchison Steve Saerang kepada KompasTekno, diterangkan bahwa gangguan jaringan di hari pertama tahun baru 2024 itu disebabkan oleh kebakaran di gedung perangkat di Semarang.

Baca juga: Tahun Baru, Indosat dan Tri Alami Gangguan Hilang Sinyal

"Kami memohon maaf atas dampak kendala jaringan yang terjadi di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta hari ini," sebut Steve dalam keterangannya.

Dia menambahkan bahwa pihak Indosat tengah berupaya mengidentifikasi penyebab insiden terkait dan menyiapkan langkah-langkah untuk mencegah kejadian serupa terulang di masa mendatang.

Sebelumnya, di media sosial sempat beredar kabar bahwa salah satu kantor Indosat di wilayah Semarang mengalami kebakaran. Dalam sebuah posting video di X, kantor dimaksud terlihat diselimuti asap tebal.

Pengunggah video yang bersangkutan menuliskan bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 09.55 WIB. Dari penelusuran KompasTekno via Google Maps, kantor Indosat dalam video tersebut kemungkinan berlokasi di Jl. Bukit Sari Raya, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

Jaringan Indosat dan Tri sudah pulih

Dalam pernyataannya, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo
Hutchison Steve Saerang turut menjelaskan bahwa kendala jaringan Indosat dan Tri di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mulai terjadi pada pukul 09.45 WIB.

Baca juga: 5 Cara Cek Kuota Indosat dengan Mudah, Bisa via Kode UMB dan Aplikasi

Jaringan Indosat dan Tri di wilayah-wilayah terdampak disebutnya sudah pulih kembali pada pukul 11.50 WIB. Dengan kata lain, gangguan sinyal terjadi selama sekitar 2 jam tadi pagi hingga menjelang siang.

"Kami mengimbau kepada pelanggan yang masih mengalami kendala untuk mencoba kembali secara berkala, dan segera menghubungi pusat pelayanan pelanggan IM3 dan Tri jika kendala masih terjadi," ujar Steve.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com