Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valve Setop Dukungan Game "Counter-Strike: Global Offensive"

Kompas.com - 03/01/2024, 18:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber PCGamesN

KOMPAS.com - Perusahaan pengembang sekaligus penerbit game Valve mulai menyuntik mati game Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), Senin (1/1/2024). Valve resmi menyetop dukungan untuk game first-person shooter (FPS) tersebut.

Meski dukungannya disetop, gamer masih bisa bermain CS:GO, tetapi, berbagai fungsionalitas yang berkaitan dengan fitur Game Coordinator akan mengalami masalah atau sama sekali tidak bisa digunakan.

Adapun Game Coordinator merupakan fitur yang mengatur berbagai komponen dalam game tersebut, termasuk inventaris pengguna di CS:GO.

Setiap kostum (skin) karakter, skin senjata, stiker, grafiti, dan item kosmetik lainnya di inventaris pengguna kemungkinan tidak bisa digunakan lagi di game PC keluaran 2012 tersebut.

Game FPS tersebut juga tidak akan mendapat pembaruan (update) baru, seperti senjata dan peta anyar, serta perbaikan celah kerusakan (bug). CS:GO juga tidak lagi dibekali oleh sistem matchmaking server (sistem mempertemukan pemain dalam match) resmi dari Valve.

Baca juga: Review Game Counter-Strike 2 Setelah Main 50 Jam, Visual Ciamik dan Adiktif

Valve tidak merincikan alasan penyetopan dukungan CS:GO. Valve sendiri telah meluncurkan Counter-Strike 2 (CS2) pada September 2023 lalu.

Counter-Strike 2 merupakan suksesor dari CS:GO yang membawa sejumlah peningkatan, seperti kualitas visual yang lebih baik, perombakan desain peta, mode ranked yang berbeda, sistem loadout senjata, bom asap yang dinamis, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, Valve boleh jadi ingin memfokuskan sumber daya dan perhatiannya ke CS2 ketimbagn CS:GO. Sepengalaman KompasTekno, Valve memang rutin mengeluarkan update CS2 berupa fitur baru dan perbaikan bug setiap pekannya.

Selain menyetop dukungan untuk CS:GO, Valve sebelumnya juga mengumumkan telah memberhentikan dukungan CS2 di PC dengan spesifikasi lawas, termasuk PC dengan komponen DirectX 9 dan sistem operasi (OS) 32-bit.

Counter-Strike 2 pun juga tidak bisa dijajal di sistem operasi macOS. Game tersebut secara eksklusif hanya tersedia di OS Windows 64-bit dan Linux, sehingga pengguna harus melakukan upgrade sistem operasi jika ingin memainkan CS2.

Menurut Valve, keputusan ini diambil mengingat jumlah pemain CS:GO yang menggunakan DirectX 9, sistem operasi 32-bit, dan macOS, secara keseluruhan hanya mencapai satu persen dari total jumlah pemain aktif Counter-Strike.

Baca juga: Pemain Counter-Strike 2 Wajib Hati-hati, Gerakan Mouse Terlalu Cepat Bisa Bikin Kena Ban

Cara bermain CS:GO

Pengguna yang masih ingin bermain CS:GO, misalnya untuk bermain di server komunitas atau sekadar bernostalgia, bisa melakukan hal itu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Berikut ini penjelasan cara bermain CS:GO, sebagaimana dikutip KompasTekno dari PCGamesN, Rabu (3/1/2024):

Cara mengunduh dan memainkan Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) setelah dukungan Valve resmi dihentikanKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara mengunduh dan memainkan Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) setelah dukungan Valve resmi dihentikan

  • Buka aplikasi (launcher) Steam
  • Pilih game Counter-Strike 2 di Library, klik kanan mouse, dan pilih "Properties"
  • Pilih kolom "Betas" dan klik opsi "Beta Participation"
  • Klik teks "csgo_legacy - Legacy Version of CS:GO", kemudian pengguna secara otomatis akan mengunduh file sebesar 12 GB
  • Setelah download selesai, klik CS2 untuk meluncurkannya
  • Sebuah jendela pop-up akan muncul, pilih "Play Legacy Version of CS:GO"
  • Jika ingin kembali bermain CS2, lakukan langkah sebelumnya tetapi pilih "Play Counter-Strike 2"
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com