Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Source Code Game "GTA 5" Beredar di Telegram dan Discord

Kompas.com - 28/12/2023, 07:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kode sumber (source code) untuk game open-world Grand Theft Auto 5 (GTA V/GTA 5), dilaporkan telah dibocorkan oleh anggota kelompok peretas (hacker) Lapsus$, Phil, pada 24 September lalu.

Kode ini dibocorkan setahun setelah Lapsus$ meretas Rockstar Games dengan membajak akses server Slack dan software Confluence wiki perusahaan itu. Saat itu, Lapsus$ mengeklaim telah mencuri aset dan kode sumber GTA 5 serta GTA 6.

Adapun kode sumber merupakan kumpulan instruksi yang ditulis dengan bahasa pemrograman, yang bisa digabung (compile) menjadi sebuah program komputer.

Dalam konteks game, kode sumber yang dicuri bisa disalahgunakan misalnya untuk menyebarkan virus atau membuat cheat.

Baca juga: Evolusi Game GTA sejak Pertama Rilis hingga GTA 6, Awalnya Gambar 2D

Source code GTA 5 ini disebarkan oleh Phil lewat platform perpesanan instan Telegram, pada 24 Desember kemarin. Lalu, bocoran kode tersebut disebar pula oleh pihak lainnya di aplikasi chat Discord dan situs darkweb.

Phil juga menunjukkan bukti tangkapan layar (screenshot) di Telegram, yang konon berisi kode sumber GTA 5.

Kode sumber yang diklaim milik GTA 5BleepingComputer Kode sumber yang diklaim milik GTA 5
Sosok tersebut dilaporkan juga menyebarkan file terkait game Bully 2, informasi terkait game Midnight Club 5, kode pemrograman Python GTA 6, dan sejumlah konten tambahan (expansion) GTA 5 yang dibatalkan Rockstar Games.

Ada pula data sensitif berupa alamat e-mail perusahaan milik karyawan Rockstar Games.

Selain tangkapan layar, Phil pun menuliskan pesan di Telegram yang berisi penghormatan kepada peretas Lapsus$ bernama Arion Kurtaj.

Baca juga: Remaja 18 Tahun Pembocor GTA 6 Dihukum Tanpa Batas Waktu

Kurtaj sebelumnya membocorkan puluhan video gameplay GTA 6 lewat akun GTA Forums dengan handle teapotuberhacker. Ia kemudian dijatuhkan hukuman kurungan rumah sakit tanpa batas waktu karena telah meretas Rockstar Games dan Uber.

"Bebaskan Arion Kurtaj. Ia memulai semua (pembocoran) ini dan memastikan bocoran ini akan dipublikasikan. Saya punya rasa hormat yang tinggi untuk Kurtaj. Saya merindukan Anda, kawan," tulis Phil.

Pesan Phil yang memuji pembocor GTA 6, Arion KurtajBleepingComputer Pesan Phil yang memuji pembocor GTA 6, Arion Kurtaj
Phil juga mengimbau anggota kanal Telegram yang ingin melihat aksi Kurtaj pada 2022, untuk mengunjungi sejumlah pesan yang disematkan alias diberi pin (pinned). Sebab, saat itu Kurtaj aktif berinteraksi di kanal Telegram tersebut.

Kelompok riset keamanan bernama Vx-underground menghubungi salah satu pembocor kode GTA 5 di platform Discord. Menurut pembocor tersebut, mereka sudah menerima kode sumber GTA 5 sejak Agustus 2023.

Kode sumber tersebut pun disebarkan untuk memerangi penipuan di lingkungan modding   GTA 5, karena banyaknya orang yang diduga ditipu oleh pengguna yang mengaku memiliki kode sumber GTA 5.

Bagi yang belum familier, modding adalah aktivitas untuk menambah atau mengubah konten di dalam game, baik menambah mode, karakter, maupun mekanisme permainan (gameplay) yang baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com