Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Game PS4 dan PS5 Terbaik Versi Sony, "Spider-Man 2" Mendominasi

Kompas.com - 25/12/2023, 09:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony mengumumkan daftar game terbaik di konsol PlayStation tahun 2023. Dalam ajang bertajuk "PlayStation Blog Game of the Year Awards 2023" ini, terdapat 18 kategori game terbaik, seperti PS4 Game of the Year dan PS5 Game of the Year.

Adapun pemenang setiap kategori tersebut dipilih oleh pengguna melalui mekanisme voting. Masing-masing kategori memiliki satu pemenang yang ditandai dengan trofi Platinum, diikuti dengan tiga runner-up yang disimbolkan oleh trofi Gold, Silver, dan Bronze.

Hasilnya, permainan superhero bikinan Insomniac Games, Marvel's Spider-Man 2, menyabet delapan penghargaan dari 18 kategori yang tersedia.

Penghargaan tersebut termasuk game PS5 terbaik tahun ini (PS5 Game of the Year), Best New Character (Venom dari Spider-Man 2), Best Story, Best Graphical Showcase, Best Audio Design, Soundtrack of the Year, Best Accessibility Features, dan Best Use of DualSense.

Baca juga: Pecah Rekor, Marvels Spider-Man 2 Terjual 2,5 Juta Kopi Sehari

Insomniac Games selaku developer Marvel's Spider-Man 2 juga mendapat penghargaan Studio of the Year alias studio game terbaik pada 2023. Mereka mengalahkan Larian Studios (Baldur's Gate 3), CD Projekt RED (Cyberpunk 2077), dan Square Enix (Final Fantasy XVI).

Terkait kategori PS5 Game of the Year, Marvel's Spider-Man 2 mampu mengalahkan Baldur's Gate 3 (Gold), Final Fantasy XVI (Silver), dan Alan Wake 2 (Bronze). Baldur's Gate 3 sendiri baru-baru ini dipilih sebagai game terbaik 2023 versi The Game Awards.

Kualitas dan kepopuleran Marvel's Spider-Man 2 tidak dapat dimungkiri lagi. Pasalnya, game ini mendapatkan respons yang positif dari pemainnya. Di situs PlayStation Store, game eksklusif konsol PS5 ini mendapatkan skor 4,9/5 dari 89.000 ulasan, alias nyaris sempurna.

Melihat sudut pandang kritikus, media game GamesRadar+ dan Game Informer memberikan skor yang tinggi untuk game aksi tersebut, yakni 5/5 (sempurna) dan 9,5/10 secara berurutan.

Hal ini dikarenakan gameplay Marvel's Spider-Man 2 yang makin seru, peta yang makin luas, dan grafis yang ciamik.

Soal kepopuleran, game ini terjual 2,5 juta kopi dalam hari pertama perilisan, sehingga menjadi game rilisan PS Studios dengan penjualan tercepat, mengalahkan God of War: Ragnarok dan The Last of Us Part 2.

Beralih ke kategori game PS4 terbaik tahun ini (PS4 Game of the Year), game penyihir Hogwarts Legacy menjadi pemenangnya. Sementara itu, posisi runner-up diisi oleh Resident Evil 4 Remake (Gold), Lies of P (Silver), dan Armored Core VI Fires of Rubicon (Bronze).

Baca juga: PlayStation 5 Slim Sudah Bisa Dibeli Global, Ini Harganya

Sebagai perbandingan, kategori game PS4 dan PS5 terbaik untuk ajang PlayStation Blog Game of the Year Awards 2022 diamankan oleh God of War: Ragnarok, yang baru-baru ini mendapatkan konten tambahan gratis berjudul God of War Ragnarok: Valhalla.

Game indie terbaik tahun 2023 adalah Sea of Stars (Platinum), kemudian diikuti oleh Blasphemous 2 (Gold), Dredge (Silver), dan Humanity (Bronze).

Lalu, game yang paling ditunggu oleh pengguna PlayStation adalah Grand Theft Auto 6 (GTA VI/GTA 6) yang rencananya meluncur tahun 2025, diikuti oleh Final Fantasy VII Rebirth (Gold), Marvel's Wolverine (Silver), dan Dragon's Dogma 2 (Bronze).

Selengkapnya, berikut ini daftar pemenang dari 18 kategori di PlayStation Blog Game of the Year Awards 2023, sebagaimana dikutip KompasTekno dari PlayStation Blog, Senin (25/12/2023):

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com