Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Laku Keras, Game Mobile "Kim Kardashian: Hollywood" Bakal Ditutup

Kompas.com - Diperbarui 08/01/2024, 08:49 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game mobile berjudul Kim Kardashian: Hollywood akan disuntik mati pada 8 April 2024 mendatang, hampir satu dekade setelah game tersebut pertama kali dirilis pada 2014.

Hal ini diungkapkan oleh Glu Mobile selaku pengembang permainan game mobile gratis (free to play) tersebut.

Menurut forum resmi Glu Mobile, game yang memungkinkan pemain menjadi selebritas di bawah bimbingan artis Kim Kardashian ini, sudah dihapus dari semua toko aplikasi sehingga pengguna tidak bisa lagi mengunduhnya.

"Kami telah membuat kesepakatan untuk menghentikan layanan Kim Kardashian: Hollywood. Mulai hari ini, game tersebut tidak lagi menawarkan pembelian dalam aplikasi," tulis moderator forum Glu Mobile dengan handle @eggsandbananas.

"Game juga akan dihapus dari semua toko aplikasi dan tidak lagi tersedia untuk diunduh," imbuhnya.

Meski sudah dihapus di Apple App Store (iOS) dan Google Play Store (Android), pengguna yang memiliki aplikasi Kim Kardashian: Hollywood di perangkatnya masih bisa bermain hingga 8 April 2024.

Mereka juga bisa menggunakan mata uang ingame K-stars hingga tenggat waktu tersebut.

Baca juga: Setelah Lebih dari 30 Tahun, Game Tetris Akhirnya Ditamatkan

Ketika membuka game itu, pemain akan mendapatkan peringatan bahwa pembelian dalam game sudah dimatikan, dan dukungan game tersebut bakal disetop pada April 2024. Setelah tanggal itu, semua pemain tidak bisa lagi memainkan Kim Kardashian: Hollywood.

Pemain yang memiliki langganan VIP diimbau untuk membatalkan langganan secara mandiri. Adapun VIP merupakan sistem langganan berbayar yang memberikan pengguna pakaian eksklusif, tambahan batas energi, K-stars, dan masih banyak lagi.

"Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan untuk Kim Kardashian: Hollywood. Anda akan selalu berada dalam A-list (sebutan untuk selebritas paling populer di dunia) kami," tutup @eggsandbananas sebagaimana dikutip KompasTekno dari forum Glu Mobile, Senin (8/1/2024).

Kim Kardashian selaku sosok yang menginspirasi game ini, mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih kepada komunitas game mobile itu.

"Saya sangat berterima kasih dari lubuk hati saya yang terdalam, kepada semua orang yang mencintai dan memainkan game Kim Kardashian: Hollywood dalam sepuluh tahun terakhir," kata Kim kepada situs berita selebritas TMZ.

"Perjalanan ini sangat berarti bagi saya, tetapi saya menyadari bahwa inilah saatnya untuk memfokuskan energi ke minat saya yang lain. Saya ingin berterima kasih kepada tim Glu, dan banyak orang di belakang layar yang bekerja keras untuk menyukseskannya," lanjut Kim.

Adapun Kim Kardashian memang aktif dalam pengembangan game mobile itu. Ia menyeleksi daftar pakaian yang bisa diimplementasi ke dalam game, berbagai tonggak produksi dalam game, dan lain seterusnya.

Baca juga: Valve Setop Dukungan Game Counter-Strike: Global Offensive

Sempat populer pada 2014

Kim Kardashian: HollywoodPolygon Kim Kardashian: Hollywood
Awalnya, sejumlah kritikus game tidak menyukai gagasan pembuatan game yang terinspirasi dari kehidupan Kim Kardashian. Namun, game Kim Kardashian: Hollywood terbukti disukai masyarakat dan menjadi sukses besar pada 2014.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com