Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecah Rekor, 123 Juta Orang Main PS dalam Sebulan

Kompas.com - 09/01/2024, 15:32 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony PlayStation memecahkan rekor baru. Jumlah pengguna aktif bulanan PlayStation tercatat mencapai 123 juta gamer pada Desember 2023. Artinya, ada 123 juta orang yang main PS pada bulan tersebut.

"Ini menjadi rekor tertinggi (jumlah pengguna aktif bulanan) PlayStation", kata Kenichiro Yoshida selaku CEO Sony Corporation, dalam konferensi pers Sony di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2024, Selasa (9/1/2024).

Sebagai perbandingan, rekor jumlah pengguna aktif bulanan PlayStation sebelumnya adalah pada bulan Desember 2022, yaitu sebanyak 112 juta pengguna. Jadi, terdapat peningkatan sebanyak 11 juta gamer.

Bila dibandingkan dengan bulan September 2023, jumlah pengguna aktif bulanan PlayStation adalah 107 juta gamer. Dengan kata lain, terjadi peningkatan sebanyak 16 juta pengguna pada Desember 2023.

Baca juga: Penjualan PlayStation 5 Akhirnya Sebanding dengan PS4

Adapun jumlah ini dihitung berdasarkan berapa akun PlayStation Network yang login dan menggunakan konsol PlayStation 5 (PS5) dan PlayStation 4 (PS4) pada Desember 2023, tetapi kemungkinan juga mencakup PlayStation 3 (PS3).

Sony memang tidak merincikan distribusi pengguna dari masing-masing platform. Namun, konsol PS3 mencakup porsi pengguna yang lebih rendah, mengingat produksi konsol tersebut sudah disetop pada 2017, dan PS3 pun tidak mendapatkan game baru sejak 2020.

Perusahaan teknologi asal Jepang tersebut juga tidak mengumbar daftar game yang paling banyak dimainkan bulan Desember 2023. Akan tetapi, daftar game tersebut sekiranya bisa diprediksi.

Sebab, PlayStation sendiri belum lama ini telah merilis daftar game paling populer pada 2023 di tautan ini. Daftar itu dibedakan berdasarkan negara, misalnya Amerika Serikat, Australia, dan Arab Saudi. Tidak semua negara dicantumkan dalam daftar tersebut.

Baca juga: PlayStation 5 Slim Sudah Bisa Dibeli Global, Ini Harganya

Sony merilis daftar game paling banyak dimainkan pada tahun 2023KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Sony merilis daftar game paling banyak dimainkan pada tahun 2023
Adapun tiga game paling populer di masing-masing negara cukup konsisten, yakni Fortnite, EA Sports FIFA 23, dan Call of Duty. Beberapa game yang populer juga mencakup Grand Theft Auto 5 (GTA V/GTA 5), Apex Legends, Genshin ImpactElden Ring, dan Diablo IV.

Data tersebut memang hanya mencatat jumlah pemain dari 1 Januari 2023 hingga 30 November 2023. Namun, ada kemungkinan daftar game populer di Desember 2023 kurang lebih sama.

Terlepas dari itu, jumlah pengguna aktif ini sangat menguntungkan PlayStation, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Push Square, Selasa (9/1/2024).

Dengan jumlah pengguna ini, Sony berpotensi menjual lebih banyak langganan berbayar PlayStation Plus dan game di PlayStation Store.

Terkait CES, Sony juga mengumumkan bahwa serial televisi yang mengadaptasi game God of War dan Horizon Zero Dawn sedang dalam tahap penulisan.

Sony juga membicarakan soal film The Legend of Zelda dan Gravity Rush, serta menunjukkan projek yang berkaitan dengan game Patapon.

Bagi yang belum familier, The Legend of Zelda memang merupakan game bikinan Nintendo. Akan tetapi, Sony Pictures bakal ikut mendanai dan memproduksi film dari seri game ikonik tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com