Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seminggu Rilis di PS, "Roblox" Tempel "Call of Duty" dan "Fortnite"

Kompas.com - 18/10/2023, 15:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game simulasi membangun dunia virtual, Roblox resmi diluncurkan di konsol PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5) pekan lalu.

Hanya satu minggu setelah diluncurkan di PlayStation, jumlah pemain Roblox di konsol tersebut menyaingi Call of Duty: Modern Warfare II dan Fortnite.

Roblox memang dapat dikatakan sebagai game yang ditunggu-tunggu di ekosistem PlayStation.

Sebab, permainan ini sebelumnya sudah dirilis di PC Windows pada 2006, di iOS pada 2012, di Android pada 2014, Xbox One pada 2015, dan Meta Quest 2/Pro pada September lalu.

Baca juga: Roblox Hadir di PS4 dan PS5 10 Oktober, Ada Fitur Cross-Platform

Jadi, pemain yang menggunakan PlayStation selama ini terpaksa menggunakan platform atau konsol lain jika ingin menikmati Roblox. Dengan perilisan ini, mereka langsung bisa memainkan Roblox di PS4 atau PS5.

Adapun informasi jumlah pemain ini datang dari analis lembaga riset Circana (dahulu NPD), Mat Piscatella.

Menurut postingnya di media sosial X (dahulu Twitter), Roblox menduduki peringkat ketiga dalam persentase pemain PS4 dan PS5, yang memainkan game tersebut setidaknya sekali.

"Roblox memiliki pekan debut yang besar di PlayStation," tulis Piscatella.

Sebagai perbandingan, peringkat dua besar diduduki oleh game shooter Call of Duty: Modern Warfare II dan game battle royale Fortnite.

Baik Roblox maupun Fortnite merupakan game gratis (free to play), sedangkan Call of Duty: Modern Warfare II adalah game berbayar.

Baca juga: Tidak Ada Game Roblox di PlayStation, Ini Alasan Sony

Piscatella tidak merincikan game apa yang lebih populer antara Call of Duty serta Fortnite, dan tidak menjelaskan jumlah pemain game ketiga judul tersebut secara spesifik.

Akan tetapi, mengingat konsol PS4 sudah terjual sebanyak 114 juta unit, dan PS5 terjual 50 juta unit, dapat diperkirakan bahwa ada jutaan pemain yang mencoba Roblox di PlayStation pada minggu perilisannya.

Yang perlu dicatat, data ini menghitung semua pemain yang pernah menjajal Roblox setidaknya sekali, sehingga jumlah pemain aktif Roblox di PlayStation per harinya belum tentu dapat menyaingi Call of Duty dan Fortnite.

Hal ini karena adanya kemungkinan pengguna hanya mencoba Roblox sekali, tetapi tidak memainkannya lagi setelah itu, baik karena tidak menyukai game tersebut maupun karena alasan lainnya.

Sebelum dirilis di ekosistem PlayStation pun, sebenarnya Roblox sudah memiliki lebih dari 65 juta pemain aktif setiap harinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com