Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Nintendo Switch 2 Meluncur September Ini

Kompas.com - 16/01/2024, 09:10 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan game asal Jepang Nintendo disinyalir tengah menyiapkan suksesor dari konsol handheld Nintendo Switch. Konsol ini konon akan diberi nama Nintendo Switch 2.

Meskipun Nintendo belum memberi informasi terkait Nintendo Switch 2, bocorannya sudah banyak beredar di dunia maya. Kini, tanda-tanda Nintendo Switch 2 akan meluncur tahun ini mulai muncul.

Nintendo Switch 2 kabarnya akan dirilis pada September 2024 mendatang. Bocoran tanggal rilis ini datang dari perusahaan elektronik dan audio Altec Lansing.

Dalam siaran pers yang ditemukan oleh situs teknologi Digital Trends, Altec Lansing mengumumkan bahwa mereka menjadi pemegang lisensi pertama untuk AI Shark, yakni suksesor GameShark yang ditenagai kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Bagi yang belum familier, GameShark merupakan kaset atau cartridge game berisi cheat yang bisa digunakan di konsol PlayStation, Xbox, dan Nintendo.

Cheat digunakan untuk memberikan keunggulan kepada pengguna misalnya uang yang tidak terbatas di game simulasi The Sims.

Nah, AI Shark sendiri bakal memanfaatkan teknologi XGPT dan akselerasi unit pemrosesan tensor real-time yang diklaim memberikan bantuan dalam permainan yang kompetitif. AI Shark disebut bakal diluncurkan bersamaan dengan Nintendo Switch 2.

Baca juga: Nintendo DS Bakal Lahir Kembali?

"Peluncuran resmi AI Shark direncanakan bertepatan dengan perilisan Nintendo Switch 2 pada September 2024," tulis Altec Lansing.

Pantauan KompasTekno, Selasa (16/1/2024), Altec Lansing sudah menghapus kalimat yang berkaitan dengan Nintendo Switch.

Kepada media teknologi Digital Trends pihak AI Shark mengatakan bahwa tanggal rilis tentatif untuk Nintendo Switch 2 jatuh pada musim gugur 2024, yakni sekitar September 2024 hingga Desember 2024.

Dalam respons berikutnya, AI Shark mengganti tanggal musim gugur 2024 dan mengatakan bahwa Nintendo belum secara resmi mengumbar tanggal rilis Switch 2.

Pihak AI Shark sendiri mengatakan Nintendo belum mengumumkan tanggal resmi konsol terbarunya, tetapi, mereka tidak membantah peluncuran Nintendo Switch 2 pada 2024.

Sementara media Bloomberg mendapatkan jawaban yang berbeda dari juru bicara AI Shark. Menurutnya, AI Shark hanya menebak tanggal rilis Nintendo Switch 2.

Bocoran spesifikasi penerus Nintendo Switch 

Bocoran terkait kehadiran konsol baru Nintendo Switch sendiri sudah banyak beredar di dunia maya. Salah satunya rumor terkait konsol "Nintendo Switch Pro" yang sudah tersebar sejak tahun 2019.

Menilik bocoran tersebut, Nintendo Switch Pro disebut memiliki layar OLED 7 inci dengan resolusi 720p. Ketika menggunakan mode dock, konsol tersebut bisa menampilkan video gameplay beresolusi 4K.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com