Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol Lawas Atari 400 Hadir Kembali dalam Versi "Mini"

Kompas.com - Diperbarui 17/01/2024, 06:20 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Perusahaan konsol game asal Amerika Serikat (AS), Atari meluncurkan Atari 400 Mini, konsol game yang didasari dari Atari 400, generasi pertama keluarga konsol game 8-bit klasik Atari.

Secara desain, konsol ini mirip dengan Atari 400 yang dirilis ke publik pada 1979 lalu. Namun, berkat embel-embel "Mini", ukuran konsol ini dibuat dua kali lebih kecil dari Atari 400 versi orisinal, sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana.

Sebagai perbandingan, Atari 400 lawas memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi sekitar 13 x 11 x 4 inci. Sementara Atari 400 Mini memiliki dimensi 6 x 5,8 x 5,1 inci.

Selain lebih kecil, konsol Atari 400 Mini ini juga hadir dengan sejumlah fitur yang lebih modern.

Baca juga: Atari Beli Studio Game Spesialis Retro Digital Eclipse Rp 319 Miliar

Pada aspek hardware, misalnya, konsol terbaru Atari ini sudah dilengkapi dengan lima lubang konektor USB-A dan satu buah konektor HDMI. Di konsol orisinal, konektor atau lubang-lubang ini tidak ada.

Ilustrasi konektor USB di Atari 400 Mini.Atari Ilustrasi konektor USB di Atari 400 Mini.

Kehadiran konektor USB-A di konsol ini membuat Atari 400 Mini bisa dipasangkan dengan aksesori lainnya, atau media penyimpanan (storage) berisi game-game klasik Atari.

Sementara kehadiran konektor HDMI memungkinkan Atari 400 Mini bisa dihubungkan ke beragam televisi modern yang memiliki layar besar, sehingga pengalaman bermain game lebih maksimal.

Pada aspek software, Atari 400 Mini sudah dibekali dengan 25 game 8-bit klasik yang berjalan di konsol versi lawasnya. Beberapa di antaranya seperti Berzerk, Millipede, Miner 2049er, M.U.L.E., Star Raiders II, dan masih banyak lagi.

Artinya pengguna tak perlu mencari game-game lawas Atari 400 lagi jika ingin bermain di konsol game Atari 400 Mini.

Baca juga: Konsol Game Windows MSI Claw Meluncur, Prosesornya Beda dari Steam Deck dkk

Nah, untuk memainkan game di Atari 400 Mini, pengguna bisa memakai aksesori pengendali game (controller) alias joystick Atari CX40 yang diperbarui. Disebut diperbarui karena joystick tersebut kini hadir dengan dukungan kabel USB-A.

Ilustrasi Atari CX40.Atari Ilustrasi Atari CX40.

Dukungan kabel USB-A di Atari CX40 memungkinkan pengguna bisa memakai joystick khas Atari tersebut di perangkat lainnya, seperti laptop dan beberapa konsol modern.

Fitur pendukung lainnya yang ada di konsol Atari 400 Mini mencakup fitur menyimpan (save) dan mengulang (rewind) game secara instan, hingga 12 jenis display frame yang bisa dipakai untuk membuat tampilan visual bingkai ketika bermain game menjadi cantik.

Rencananya, konsol Atari 400 Mini akan dijual di AS pada 28 Maret mendatang dengan harga 119 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Selasa (16/1/2024).

Belum ada informasi apakah konsol klasik yang lahir kembali ini akan dipasarkan di negara lain atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com