Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Youtuber Bikin PS5 Jadi Konsol Portabel Mirip Tablet

Kompas.com - 18/01/2024, 15:06 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Seorang Youtuber bernama DIY Perks memodifikasi konsol PlayStation 5 (PS5). Ia membuat PS5 menjadi jauh lebih ramping bahkan menyerupai tablet.

Ia juga memberi nama PS5 tersebut sebagai PS5 Tablet Edition. Dengan bentuk dan ukuran yang lebih ringkas, PS5 ini mudah dibawa bepergian.

Adapun eksperimen ini dilakukan DIY Perks karena ia sedikit kecewa Sony sendiri merilis konsol handheld (di luar PlayStation Portal) dalam sepuluh tahun terakhir, padahal pasar konsol genggam sedang ramai.

Hal ini dibuktikan oleh kehadiran Nintendo Switch, Steam Deck, Asus ROG Ally, hingga MSI Claw.

DIY Perks pun mengatakan bahwa sebenarnya Sony sudah mempunyai bahan untuk membuat konsol genggam dari PS5 itu sendiri. Nah, percobaannya untuk "menyulap" PS5 menjadi konsol yang lebih kecil pun dibagikan lewat video YouTube di tautan berikut ini.

Baca juga: Konsol Lawas Atari 400 Hadir Kembali dalam Versi Mini

Dalam video tersebut, pria yang memiliki nama asli Matt Perks itu menjelaskan bahwa motherboard PS5 mempunyai ukuran yang kecil dibandingkan komponen PS5 lainnya.

Meski komponen tersebut tidak akan muat untuk dimasukkan ke konsol portabel seperti Nintendo Switch, ada kemungkinan komponen bisa digunakan dalam perangkat dengan form factor yang lebih besar, misalnya tablet.

Perks kemudian membahas alasan mengapa ukuran PS5 besar, tepatnya dengan dimensi 104 mm (tinggi) x 390 mm (lebar) x 260 mm (ketebalan) dan bobot 4,5 kilogram. Ukuran besar tersebut disebabkan oleh sistem pendingin.

"PS5 tentunya bukan dilengkapi oleh komponen motherboard saja. Konsol ini membutuhkan banyak komponen tambahan, banyak di antaranya didedikasikan untuk menjaga suhu PS5, mengingat PS5 menghasilkan banyak panas," kata Perks dalam video YouTube-nya.

Perks pun mulai mengutak-atik konsol PS5 untuk membuat versi portabelnya.

DIY Perks merancang ulang sistem pendingin konsol PS5. Hal ini disebabkan karena sistem pendingin merupakan salah satu komponen terbesar di PS5.TechSpot DIY Perks merancang ulang sistem pendingin konsol PS5. Hal ini disebabkan karena sistem pendingin merupakan salah satu komponen terbesar di PS5.
Ia merancang ulang desain sistem pendingin PS5, dengan menempatkan dua heat sink tembaga baru di sisi unit pusat, dan mengubah rute heat pipe khusus ke arah heat sink itu.

Kemudian, Perks membuat pelapis nikel dan menambahkan serangkaian kipas yang lebih kecil ke sistem pendingin tersebut.

Youtuber ini turut memasang saluran udara yang dibuatnya menggunakan printer tiga dimensi (3D). Komponen ini berguna untuk mengontrol aliran udara, agar konsol tidak panas.

Hasilnya, PS5 versi ramping ini bisa menjalankan game Astro's Playroom dengan suhu 42 derajat Celcius. Sebagai perbandingan, suhu konsol sebelum sistem pendingin dirancang ulang melebihi 65 derajat Celcius. Konsol PS5 tersebut pun mati secara otomatis.

Dengan hasil seperti ini, DIY Perks mengatakan bahwa ia bisa menurunkan kecepatan kipas agar pengoperasian PS5 Tablet Edition lebih senyap. Jadi, PS5 akan nyaman digunakan di tempat publik.

Baca juga: Game GTA 6 Meluncur 2025, PS5 dan Xbox Series X/S Kebagian Duluan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com