Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medsos Favorit Remaja AS Ternyata Bukan TikTok atau Instagram

Kompas.com - Diperbarui 17/12/2023, 06:41 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di antara TikTok, Instagram, Facebook, YouTube, Twitter (X), hingga Snapchat, kira-kira platform medsos mana yang paling digemari oleh anak-anak usia remaja di Negeri Paman Sam?

Jawabannya ternyata adalah YouTube, berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan lembaga riset Amerika Serikat (AS), Pew Research. Riset dilakukan melalui survei terhadap 1.453 responden remaja AS berusia 13 tahun sampai 17 tahun selama September—Oktober 2023.

Dalam laporan penelitian yang berjudul “Teens, Social Media and Technology 2023”, lebih dari 90 persen responden mengaku sebagai pengguna YouTube.

Pew Research menemukan bahwa YouTube menjadi platform paling digemari anak remajaPew Research Pew Research menemukan bahwa YouTube menjadi platform paling digemari anak remaja

Walau nilainya turun dua persen dibandingkan penelitian serupa yang dilakukan tahun lalu, YouTube mampu mempertahankan posisinya di peringkat pertama, mengalahkan TikTok, Snapchat, dan Instagram secara berturut-turut.

Untuk TikTok, platform video pendek besutan ByteDance tersebut digunakan oleh 63 persen responden. Nilainya turun 4 persen jika dibandingkan 2022. Sementara itu, Snapchat ditemukan berhasil menyalip Instagram.

Baca juga: Riset: Jam Kantor, Waktu Terpopuler di Inggris untuk Buka Situs Porno

Pada 2022, Pew Research mencatat Instagram masih berada di peringkat ketiga dengan digunakan oleh 62 persen responden. Namun, pada 2023, Snapchat berhasil naik dari 59 persen menjadi 60 persen, melampaui Instagram yang memiliki nilai persentase 59 persen.

Selain membandingkan data di 2022 dan 2023, lembaga riset asal AS ini juga menyertakan temuannya pada tahun 2014 dan 2015. Dalam temuannya, Facebook memiliki penurunan paling signifikan dalam hal penggunaan oleh remaja.

Pada periode 2014–2015, responden remaja yang menggunakan Facebook tercatat sebesar 71 persen. Di kemudian waktu, persentasenya menurun jauh menjadi hanya 33 persen di 2023.

TikTok paling sering diakses terus menerus

Ilustrasi media sosialViewApart Ilustrasi media sosial

Di kategori lain, survei Pew Research juga bertanya soal “Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi atau (membuka) situs media sosial?”. Hasil dari pertanyaan tersebut menemukan YouTube paling sering diakses lewat website oleh kalangan remaja,

Lanjutan dari pertanyaan tadi, Pew Research juga menanyakan soal “Seberapa sering Anda membuka aplikasi tersebut?” yang disertai opsi jawaban “Hampir terus menerus”, “Beberapa kali dalam sehari”, dan “Satu kali dalam sehari”.

Grafik data dari survei Pew Research soal aplikasi apa saja yang paling sering diakses pengguna remaja dalam satu hariPew Research Grafik data dari survei Pew Research soal aplikasi apa saja yang paling sering diakses pengguna remaja dalam satu hari

Temuan untuk jawaban pertanyaan tadi, YouTube menjadi platform yang paling sering dikunjungi. Namun, bila dibandingkan dengan TikTok, YouTube kalah tipis di kategori jawaban "Aplikasi yang hampir diakses terus-menerus".

TikTok mendapat persentase sebesar 17 persen untuk aplikasi yang diakses terus menerus, sedangkan YouTube sebesar 16 persen. Hal ini mengindikasikan bahwa TikTok bisa membuat pengguna remaja lebih betah berlama-lama di dalam aplikasi ketimbang YouTube.

Baca juga: Studi: Makin Banyak Orang Tidur Pakai Smartwatch, tapi Kualitasnya Menurun

Adapun untuk media sosial lain, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Pew Research, Sabtu (16/12/2023), sebanyak 14 persen responden remaja menjawab membuka Snapchat secara intens setiap harinya, Instagram 8 persen, dan Facebook 3 persen.

Pew Research mencatat sepertiga responden remaja pasti mengakses satu dari lima aplikasi media sosial (YouTube, TikTok, Snapchat, Instagram, dan Facebook) di atas secara terus-menerus setiap harinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com