Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Tab K11 Meluncur, Tablet "Kembaran" Lenovo Tab M11 dengan Helio G88

Kompas.com - 23/01/2024, 08:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Lenovo resmi meluncurkan tablet kelas menengah (mid-range) terbarunya, yaitu Lenovo Tab K11 di pasar Jepang, Senin (22/1/2024).

Secara desain dan spesifikasi, tablet ini merupakan "kembaran" dari Lenovo Tab M11 yang diperkenalkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) Las Vegas, Amerika Serikat (AS) sekitar awal Januari lalu.

Disebut kembaran karena Lenovo Tab K11 dan Tab M11 kompak mengadopsi layar yang sama besarnya dengan luas diagonal 11 inci. Layar yang bisa dibilang cukup lega tersebut memiliki jenis panel IPS LCD dan memiliki resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz.

Dengan spesifikasi layar seperti ini, pengguna bisa memakai Lenovo Tab K11 untuk bermain game dengan leluasa atau menikmati aneka tontonan di YouTube, Netflix, dan aplikasi lainnya dengan puas.

Baca juga: Lenovo Tab M11 Meluncur, Tablet Ramah Anak dengan Stylus

Fitur hiburan di tablet terbaru Lenovo ini juga didukung oleh empat buah speaker yang berada di bagian bingkai bawah dan atas perangkat (masing-masing bingkai ada dua speaker).

Speaker ini sudah dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos untuk menghasilkan suara berkualitas dan "menggelegar".

Berlih ke aspek performa, Lenovo Tab K11 ditenagai dengan chipset Mediatek Helio G88 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan (storage) 64 GB.

Apabila storage kurang, pengguna bisa memperluas kapasitas penyimpanan melalui slot kartu microSD. Namun, tidak disebutkan berapa kapasitas maksimalnya.

Fitur pendukung lainnya yang ada di tablet ini mencakup sistem operasi Android 13, serta baterai jumbo dengan kapasitas 7.040 mAh yang mendukung pengisian cepat 15 watt via konektor USB-C.

Ada pula Lenovo Freestyle yang memungkinkan pengguna memakai tablet sebagai "kertas" untuk menulis atau sebagai layar sekunder dari perangkat lain, serta kamera 8 MP yang tersemat di bagian depan dan belakang tablet untuk kebutuhan fotografi.

Baca juga: Lenovo Pamer Laptop ThinkBook 13x Gen 4, Cover Bisa Berubah Warna

Di pasar Jepang, Lenovo Tab K11 memiliki dimensi 255,3 x 166,3 x 7,2 mm dengan bobot 465 gram. Tablet ini tersedia dalam satu varian warna saja yaitu Lunar Gray, sedangkan untuk varian konektivitasnya ada WiFi dan LTE (4G).

Lenovo belum mengumbar harga Lenovo Tab K11 di pasar Jepang, begitu juga informasi kapan tablet tersebut dijual atau apakah tablet ini akan dipasarkan di luar Jepang atau tidak.

Namun apabila mengacu pada kembaran tablet ini, yaitu Lenovo Tab M11, Lenovo Tab K11 kemungkinan dibanderol di kisaran harga 179 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 juta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (23/1/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com