Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seagate Perkenalkan Exos X Mozaic 3 Plus, Hard Disk 30 TB Pertama

Kompas.com - 23/01/2024, 09:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Pabrikan storage Seagate baru-baru ini memperkenalkan produk baru bernama Exos X Mozaic 3 Plus yang menjadi hard disk pertama dengan kapasitas mencapai 30 TB atau setara 30.000 GB.

Untuk mewujudkan kapasitas sebesar itu, Seagate menggunakan teknologi Mozaic 3 Plus degan medium penyimpanan nanopartikel dari bahan platinium alloy yang lebih padat dari material konvensional, sehingga mampu memuat lebih banyak data di ukuran fisik yang sama.

Menurut penjelasan di situs Seagate, penulisan data dilakukan dengan teknologi HAMR (Heat-assisted Magnetic Recording) yang menggunakan laser untuk memanaskan area penulisan agar proses writing dapat dilakukan dengan lebih presisi.

Baca juga: Seagate Rilis Hard Disk Eksternal Edisi Game Starfield

Tiap piringan (platter) magnetik di hard disk Exos X Mozaic 3 Plus pun memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 3 TB dengan kepadatan 1,742 terabit per inci persegi. Sebanyak 10 piringan ditumpuk untuk memperoleh kapasitas total 30 TB.

Ruang penyimpanan Seagate Exos X Mozaic 3 Plus lebih besar dibanding pemegang rekor sebelumnya, yakni Western Digital Gold dengan kapasitas 24 TB.

Ilustrasi cara kerja teknologi Mozaic 3 Plus dari Seagate Seagate Ilustrasi cara kerja teknologi Mozaic 3 Plus dari Seagate

Selain menawarkan kapasitas ekstra lega, Exos X Mozaic 3 Plus juga menjanjikan pemakaian daya yang lebih irit sehingga cocok untuk sektor enterprise seperti hyperscaler dan data center yang menjadi targetnya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Radar, Selasa (23/1/2023), meski untuk saat ini baru ditujukan untuk kalangan perusahaan, nantinya Exos Mozaic 3 Plus akan tersedia juga untuk pengguna umum dan bisa dipakai tanpa perlu hardware khusus.

Hard disk Exos X Mozaic 3 Plus sudah terpampang di situs Seagate, tapi harganya masih belum dicantumkan. Hanya ada sebuah tombol berlabel "hubungi pakar" saja.

Baca juga: Apakah Hard Disk Bakal Punah jika SSD Jadi Murah?

Seagate menjanjikan hard disk ini bakal memiliki harga per terabyte yang lebih murah dibandingkan produk sejenis bikinannya.

Sebab, di luar segelintir teknologi baru, sebagian besar komponennya masih sama dengan hard disk lain. Biaya pengembangannya pun lebih irit.

Dengan asumsi harga per terabyte sebesar 15 dollar AS (Rp 235.000) yang menjadi angka rata-rata saat ini, maka harga Exos X Mozaic 3 Plus 30 TB seharusnya paling tinggi 450 dollar AS atau sekitar Rp 7,1 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com