Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitch Ganti Kebijakan, Kriteria Streamer yang Bisa "Gajian" Berubah

Kompas.com - 25/01/2024, 13:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform live streaming asal Amerika Serikat (AS) Twitch pekan ini mengganti kebijakan pendapatan untuk para streamer.

Dalam kebijakan terbaru yang berlaku pada 24 Januari 2024 waktu AS, Twitch menghilangkan batas pendapatan 100.000 dollar AS (sekitar Rp 1,5 miliar) bagi semua streamer di platform tersebut.

Kebijakan yang akan diraih para pengguna yang giat melakukan siaran langsung. Hal ini disampaikan CEO Twitch, Dan Clancy dalam sebuah pengumuman yang diunggah di blog resmi Twitch.

Dalam peraturan sebelumnya, streamer Twitch mendapat keuntungan 70 persen dari total pendapatan, apabila belum melewati angka 100.000 dollar AS. Jika pendapatan melebihi 100.000 dollar AS, persentase keuntungan streamer akan menjadi 50 persen.

Nah, dengan penghapusan batas pendapatan ini, streamer Twitch akan tetap mendapatkan 70 persen dari total pendapatan bersih mereka di Twitch, meski total pendapatannya sudah melebihi 100.000 dollar AS.

Baca juga: Twitch Tertibkan Streamer yang Pura-pura Telanjang

"Pencabutan batas pendapatan ini sebagai respons dari berbagai masukan yang kami terima, di mana para streamer mengeluh bahwa pertumbuhan mereka terhambat ketika melebihi batas pendapatan tersebut," kata Dan.

Seperti disebutkan di atas, kebijakan ini berlaku bagi para streamer, baik itu di level Affiliate maupun Partner.

Affiliate adalah streamer yang memiliki 50 pengikut (followers), serta memiliki 7 tayangan live streaming unik, rata-rata 3 penonton aktif bersamaan, dan telah menempuh 500 menit (sekitar 8 jam) tayangan live streaming dalam 30 hari terakhir.

Adapun Partner adalah streamer yang memiliki 1.000 followers atau lebih, serta memiliki 12 tayangan live streaming, rata-rata 75 penonton, serta 25 jam tayangan live streaming dalam 30 hari terakhir.

Kriteria streamer yang bisa dapat uang juga berubah

Ilustrasi Twitch.GETTY IMAGES Ilustrasi Twitch.

Selain menghilangkan batas pendapatan, Twitch juga akan mengubah nama program kemitraan mereka dengan streamer dari Partner Plus Program menjadi Plus Program.

Lalu, mereka juga akan mengubah kriteria streamer yang bisa mendapatkan uang dari platform live streaming tersebut. Hal ini dilakukan untuk mempermudah streamer mendapat bagi hasil di Twitch.

Nantinya, mulai 1 Mei 2024 mendatang, semua streamer, baik itu Affiliates atau Partner, bisa mendapatkan uang dari Twitch dengan porsi 60 persen dari total pendapatan mereka.

Uang ini bisa didapatkan apabila mereka berhasil meraih 100 Plus Points selama tiga bulan berturut-turut.

Plus Points adalah poin akumulasi yang didapatkan streamer jika ada penggemar mereka yang memilih untuk membayar biaya langganan per bulan ke kanal Twitch streamer tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com