Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotret dengan Kamera Oppo Reno 11 5G, Sebagus Apa Hasilnya?

Kompas.com - 27/01/2024, 19:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Reno 11 5G merupakan ponsel kelas menengah terbaru dari Oppo yang diluncurkan di Indonesia pada awal 2024 sebagai penerus Reno 10 keluaran tahun lalu.

Meski diposisikan di bawah Reno 11 Pro 5G, Oppo Reno 11 5G memiliki rangkaian kamera yang sama dengan milik kakaknya tersebut sehingga kemampuan mereka sebanding dalam hal ini.

Baca juga: Menjajal Oppo Reno 11 5G, Serba Baru dan Lebih Fresh

KompasTekno menjajal kamera Oppo Reno 11 5G untuk memotret dalam berbagai situasi. Kira-kira sebagus apa hasil jepretannya?

Resolusi turun, tapi dapat OIS

Salah satu kekurangan kamera utama Reno 10 dulu adalah absennya peredam goyangan alias optical image stabilizer. Fitur yang penting tersebut kini hadir di kamera utama Reno 11 5G, meskipun resolusinya turun dari 64 MP menjadi 50 MP (f/1.8).

Selain kamera utama, Reno 11 5G turut dibekali kamera ultra wide 8 MP (f/2.2, bidang pandang 112 derajat), kamera telephoto/ portrait 32 MP (f/2.0, zoom optis 2x), dan kamera depan 32 MP (f/2.4, bidang pandang 89 derajat).

Perbedaan tingkat zoom di Oppo Reno 11 5G untuk kamera ultra wide (0,6x), kamera utama (1x), dan kamera telephoto atau portrait (2x) KOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbedaan tingkat zoom di Oppo Reno 11 5G untuk kamera ultra wide (0,6x), kamera utama (1x), dan kamera telephoto atau portrait (2x)

Dengan demikian, selain kamera utama yang berganti, bisa dibilang bahwa rangkaian kamera Oppo Reno 11 5G masih mirip dengan Reno 10 sebelumnya.

Kamera utama dan kamera telephoto menggunakan pixel binning yang menggabungkan tiap empat piksel menjadi satu untuk meningkatkan kualitas gambar akhir. Jadi, resolusi default untuk kamera utama adalah 12,5 MP, sementara telephoto 8 MP.

Hasil tangkapan kamera utama memiliki kualitas paling tinggi dan bisa diandalkan baik dalam situasi terang maupun low-light. Terdapat fitur auto-HDR yang akan membantu meningkatkan dynamic range dalam kondisi kontras tinggi seperti siang hari.

Contoh hasil foto kamera utama Oppo Reno 11 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh hasil foto kamera utama Oppo Reno 11 5G

Contoh hasil foto kamera utama Oppo Reno 11 5G dalam kondisi malam hari dan di dalam ruanganKOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh hasil foto kamera utama Oppo Reno 11 5G dalam kondisi malam hari dan di dalam ruangan

Berbeda dari kamera utama, kamera telephoto tidak memiliki OIS sehingga rawan goyangan. Untungnya, kamera ini memiliki aperture yang lebar (f/2) dan jangkauan focal length yang tidak terlalu panjang (2x) sehingga membantu menghindari motion blur di situasi gelap.

Baca juga: Oppo Reno 11 F 5G Dipastikan Masuk Indonesia, Ini Bocoran Spesifikasinya

Hal jepretannya juga masih relatif bagus, meskipun dengan dynamic range yang tidak seluas kamera utama. Di kondisi low-light, kualitas foto lekas menurun karena noise reduction sehingga memberikan efek buram mirip lukisan cat air pada gambar.

Contoh hasil foto kamera telephoto Oppo Reno 11 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh hasil foto kamera telephoto Oppo Reno 11 5G

Contoh hasil foto kamera telephoto Oppo Reno 11 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh hasil foto kamera telephoto Oppo Reno 11 5G

Contoh hasil foto kamera telephoto Oppo Reno 11 5G dengan zoom 5x di kondisi low-lightKOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh hasil foto kamera telephoto Oppo Reno 11 5G dengan zoom 5x di kondisi low-light

Hal itu terutama tampak ketika menggunakan fitur zoom 5x yang tak lain merupakan pembesaran dari kamera telephoto 2x. Saat siang hari, hasilnya masih bagus, tapi amburadul ketika tingkat cahaya menurun.

Satu hal yang mesti dicatat, layaknya di ponsel lain, kamera telephoto 2x di Oppo Reno 11 5G memiliki jarak fokus yang relatif jauh.

Karena itu, apabila pengguna ingin menjepret obyek berjarak dekat, misalnya kurang dari 50 cm, Oppo Reno 11 5G secara otomatis akan beralih menggunakan pembesaran dari kamera utama untuk menghasilkan zoom 2x.

Foto ini diambil dengan zoom 2x, tapi sebenarnya menggunakan kamera utama Oppo Reno 11 5G karena jarak obyek yang terlalu dekat untuk kamera telephotoKOMPAS.com/ OIK YUSUF Foto ini diambil dengan zoom 2x, tapi sebenarnya menggunakan kamera utama Oppo Reno 11 5G karena jarak obyek yang terlalu dekat untuk kamera telephoto

Hasilnya sendiri masih cukup bagus karena resolusi asli kamera utama yang relatif besar, sehingga pembesaran 2x tidak terlalu menurunkan kualitas.

Berbeda dari kamera utama dan telephoto, kamera ultra wide di Reno 11 5G tidak menerapkan pixel binning karena resolusi awalnya lebih rendah. Hasil gambarnya juga tidak sebagus dua kamera lainnya, terutama di kondisi low-light.

Baca juga: Kesan Menggenggam Oppo Reno 11 Pro 5G, Desain Makin Cantik dan Mewah

Di kondisi cukup cahaya pun, dynamic range yang ditangkap kamera ultra wide tampak tak seluas kamera lain, seperti terlihat dari highlights alias area terang yang rawan mengalami clipping, misalnya awan putih di langit biru dan layar elektronik yang terang di dalam ruangan.

Contoh foto kamera ultra wide Oppo Reno 11 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh foto kamera ultra wide Oppo Reno 11 5G

Contoh foto kamera ultra wide Oppo Reno 11 5G. Area terang seperti awan dan layar elektronik di dalam ruangan rawan mengalami clipping sehingga menjadi putih polos tanpa detailKOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh foto kamera ultra wide Oppo Reno 11 5G. Area terang seperti awan dan layar elektronik di dalam ruangan rawan mengalami clipping sehingga menjadi putih polos tanpa detail

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com