Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ciri-ciri E-mail Phising yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 28/01/2024, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kejahatan siber yang patut diwaspadai adalah e-mail phising. E-mail phising merupakan salah satu bentuk penyerangan kejahatan internet untuk mendapatkan informasi pribadi atau keuangan dengan menyamar sebagai pihak terpercaya dan resmi lewat e-mail.

Tujuan utama dari serangan phishing adalah untuk memperoleh akses ke akun atau data sensitif, seperti kata sandi, informasi kartu kredit, atau data keuangan lainnya.

Bagi Anda yang cukup sering menggunakan e-mail sebagai media komunikasi, maka ketahui beberapa ciri berikut ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Apa Itu E-mail Phising, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasinya

Subjek e-mail mencurigakan

Perhatikan pada bagian awal subjek e-mail. Apabila subjek berisi kata-kata seperti "Mendesak, "Peringatan Keamanan," "Harus Dilakukan Sesuatu," atau "Akun Berisiko," Anda harus berhati-hati.

Para peretas berharap Anda akan panik saat melihat kata-kata tersebut. Hal ini bisa memberikan dampak panik sehingga bisa jadi pengguna akan melakukan klik tautan atau mengunduh lampiran tertentu.

Maka dari itu usahakan untuk tetap tenang dan memeriksanya dengan detail. Perhatikan subjek dan isi e-mail dengan hati-hati.

Nama domain e-mail yang mencurigakan

Perhatikan nama domain e-mail yang mencurigakan. Biasanya domain e-mail phising memiliki ciri-ciri berikut ini:

  • Menggunakan alamat email domain publik, seperti perusahaan@gmail.com atau perusahaan@yahoo.com.
  • Nama domain memiliki kesalahan ejaan atau variasi yang mungkin tidak terlalu jelas dari nama organisasi asli.
  • Domain tersebut kompleks dan mencakup beberapa subdomain tambahan.
  • Domain tingkat atas tidak biasa, bukan yang umum digunakan oleh perusahaan (seperti .com, .net, .org, atau .co.id).

Jika domain terlihat mencurigakan, sebaiknya langsung hubungi perusahaan untuk memastikannya. Anda dapat mengunjungi situs web resmi mereka dan periksa halaman "Tentang Kami" untuk mendapatkan alamat e-mail yang benar.

Sapaan terlalu personal

Beberapa e-mail phishing sering kali menggunakan sapaan awal yang bersifat umum atau terlalu personal. Sebagai contoh, mereka mungkin memulai dengan menyapa Anda sebagai "Pelanggan yang Terhormat," "Kepada Pihak yang Berkepentingan," "Yang Terhormat [nama pengguna di alamat email]," atau bahkan hanya "Salam." Perusahaan resmi biasanya menggunakan nama depan Anda dan biasanya lebih resmi.

Kesalahan tata bahasa ejaan

Saat perusahaan resmi mengirim e-mail biasanya akan memastikan tata bahasa dan ejaannya yang benar. Maka dari itu apabila terdapat e-mail dengan tata bahasa ejaan yang kurang rapi atau bahkan salah, e-mail tersebut patut dicurigai.

Berisi tautan dan lampiran mencurigakan

E-mail phising bisa jadi berisi tautan yang mengarahkan Anda ke situs web berbahaya. Situs-situs tersebut bisa jadiu berisi formulir yang meminta informasi sensitif Anda. Formulir tersebut biasanya terlihat seperti yang ditemukan di situs web asli.

Minta informasi sensitif

E-mail dari perusahaan resmi umumnya tidak akan meminta informasi sensitif lewat e-mail, seperti menanyakan kata sandi, informasi kartu kredit, saldo akun, alamat, nomor telepon, nama ibu kandung, atau detail serupa.

Maka dari itu hindari dengan membalas e-mail tersebut yang menanyakan informasi umum mengenai diri Anda. Peretas dapat menggunakan informasi ini untuk melewati pertanyaan keamanan di akun online Anda.

Berisi penawaran tidak realistis

Apabila Anda tiba-tiba mendapatkan e-mail mengenai hadiah atau undian, hal ini patut dicurigai. Terlebih lagi jika Anda tidak mengikuti berbagai undian apa pun. Peretas bisa jadi berusaha meyakinkan Anda untuk memberikan informasi agar mereka bisa mengakses uang atau klaim hadiah.

Itulah ciri-ciri e-mail phising yang perlu diwaspadai, untuk melindungi diri dari serangan phishing, penting untuk selalu memeriksa keaslian e-mail dan tautan sebelum memberikan informasi pribadi atau mengklik tautan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Waspada Phising lewat PDF! Ini Ciri-ciri File Palsu untuk Menghindari Penipuan

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com