Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Baru ColorOS 14 di Oppo Reno 11 5G Series, Ada Fitur Berbasis AI

Kompas.com - 29/01/2024, 13:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno 11 Series 5G yang terdiri dari Oppo Reno 11 5G dan 11 Pro 5G, adalah perangkat pertama di Indonesia yang sudah dibekali dengan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 14.

ColorOS 14 yang melapisi Android 14 di Oppo Reno 11 Series 5G ini membawa sejumlah fitur baru. Mayoritas fitur anyar di ColorOS 14 ini mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Nah, KompasTekno merangkum lima fitur baru di ColorOS 14 yang tentunya bisa dinikmati di Oppo Reno 11 Series 5G. Apa saja?

1. Go Green AOD

Fitur Go Green AOD di Oppo Reno 11 Series 5G yang sudah pakai ColorOS 14.Kompas.com/BILL CLINTEN Fitur Go Green AOD di Oppo Reno 11 Series 5G yang sudah pakai ColorOS 14.
ColorOS 14 di Oppo Reno 11 Series 5G dibekali dengan fitur layar siaga Always On Display (AOD) yang bisa menampilkan kontribusi kita terhadap lingkungan.

Fitur tersebut dinamai dengan Carbon Footprint dan merupakan salah satu tampilan AOD terbaru di ColorOS 14. Fitur ini bisa diakses di menu "Settings" > "Wallpaper & Style" > "Always On Display".

Apabila pengguna memakai AOD bergaya ini, maka mereka akan disuguhkan dengan tampilan AOD lingkungan yang indikatornya 0-100 persen. Indikator ini bisa ditingkatkan dengan cara berjalan kaki sembari membawa ponsel.

Semakin tinggi angka indikator ini, maka tampilan lingkungan akan semakin hijau dan segar. Jika indikator Carbon Footprint berada di angka 0 persen, maka tampilan AOD akan jelek dan tampak kotor.

Baca juga: Memotret dengan Kamera Oppo Reno 11 5G, Sebagus Apa Hasilnya?

2. Smart Touch

Fitur Smart Touch di Oppo Reno 11 Series 5G yang sudah pakai ColorOS 14.Kompas.com/BILL CLINTEN Fitur Smart Touch di Oppo Reno 11 Series 5G yang sudah pakai ColorOS 14.

Smart Touch merupakan fitur yang mengandalkan teknologi AI untuk menyalin berbagai teks yang ada di dalam gambar.

Fitur ini bisa diakses dengan cara melakukan tangkapan gambar (screenshot) terhadap suatu layar.

Nantinya, pengguna bisa memilih menu "Extract content" untuk mengindentifikasi seluruh konten yang bisa disalin dalam gambar tersebut, termasuk teks.

Setelah itu, teks yang disalin bisa dipindahkan atau ditempelkan ke aplikasi lainnya, sehingga pengguna tak perlu repot-repot mengetikkan teks tersebut.

3. File Dock

Fitur File Dock di Oppo Reno 11 Series 5G yang sudah pakai ColorOS 14Kompas.com/BILL CLINTEN Fitur File Dock di Oppo Reno 11 Series 5G yang sudah pakai ColorOS 14
File Dock merupakan sebuah wadah yang bisa digunakan sebagai tempat untuk menyalin gambar ke berbagai aplikasi lainnya di dalam ponsel.

Fitur ini berguna bagi mereka yang ingin mengunduh sebuah gambar di internet atau aplikasi yang tidak memiliki fitur download (seperti Instagram), sehingga mereka tak perlu repot menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh gambar tersebut.

Untuk memanfaatkan File Dock di aplikasi Instagram, misalnya, pengguna cukup melakukan screenshot pada gambar yang ingin diunduh, lalu tekan menu "Extract content", seperti fitur Smart Touch di atas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com