Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Persona 3 Reload" Meluncur di PC, PS, dan Xbox, Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Kompas.com - 02/02/2024, 14:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerbit game asal Jepang, Sega, meluncurkan game terbarunya, Persona 3 Reload (P3R) di platform PC, PlayStation 5 (PS5), PlayStation 4 (PS4), Xbox Series X/S, dan Xbox One, Jumat (2/2/2024).

Persona 3 Reload adalah pembuatan ulang alias remake dari Persona 3, yang dulunya dirilis di konsol PlayStation 2 (PS2) pada 2006. Sebagai versi remake, Persona 3 Reload membawa alur cerita yang sama, tetapi dengan visual yang lebih ciamik dan fitur baru.

Soal plot, Persona 3 Reload berkisah seputar seorang protagonis yang berpindah ke SMA Gekkoukan di kota Iwatodai.

Suatu hari, ia menghadapi fenomena Dark Hour yang membekukan dunia dan waktu. Saat terbeku, dunia ini dipenuhi monster Shadows yang berbahaya.

Tokoh utama P3R ini kemudian diserang oleh Shadows, dan akhirnya membangkitkan kekuatan misterius bernama Persona. Ia pun bergabung dengan teman-temannya dengan kemampuan yang sama untuk mengungkap misteri fenomena Dark Hour.

Beralih ke visual, Persona 3 Reload digarap menggunakan mesin pengembang Unreal Engine 4. Dengan demikian, game ini tampil dengan visual yang lebih memanjakan mata, dilengkapi desain karakter, objek, dan tampilan antarmuka (UI) dengan kualitas tinggi.

Baca juga: Game Silent Hill: The Short Message Meluncur di PlayStation 5, Bisa Dimainkan Gratis

Permainan ini juga mendukung resolusi 4K pada 60 fps, sehingga memungkinkan gameplay yang lebih mulus dengan mempertahankan ketajaman visual. Animasi cutscene P3R turut diproduksi ulang sehingga lebih berkualitas.

Persona 3 ReloadGematsu Persona 3 Reload
Untuk gameplay, Persona 3 Reload masih mengadopsi mekanisme pertarungan berbasis giliran (turn-based). Artinya, pengguna akan melancarkan strategi dan menyerang musuh, sebelum nantinya menunggu musuh melakukan serangan balasan.

Bedanya, kini pemain P3R bisa mengontrol setiap rekan tim dalam pertarungan seperti game RPG pada umumnya.

Mekanisme ini hadir di salah satu versi lawas Persona 3, yakni Persona 3 Portable, sedangkan versi lawas lainnya, Persona 3 FES dan Persona 3 "reguler" mengandalkan kecerdasan buatan (AI). Saat itu, pengguna hanya mengontrol karakter utamanya saja.

Di luar aspek pertarungan, gamer akan diberi kesempatan untuk mengeksplorasi sekolah Gekkoukan dan wilayah sekitarnya.

Gamer dapat membangun hubungan persahabatan dengan sejumlah karakter, seperti Iori Junpei, Takeba Yukari, Kirijo Mitsuru, dan Sanada Akihiko.

Persona 3 ReloadSteam Persona 3 Reload
Kegiatan ini tidak hanya berguna untuk mempelajari cerita karakter secara lebih dalam. Pertemanan yang erat memungkinkan pemain dan rekannya untuk membuka kemampuan (skill) pasif dalam pertempuran.

Masih soal fitur interaksi, Sega memastikan akan menambahkan adegan dan interaksi karakter yang baru.

Baca juga: Microsoft PHK 1.900 Karyawan di Bisnis Game, Termasuk Activision Blizzard

Harga Persona 3 Reload di Indonesia

Persona 3 Reload sudah bisa dibeli di PC (lewat platform distribusi game Steam dan Microsoft Store), PS5, PS4, Xbox Series X/S, dan Xbox One.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com