Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Review "Tekken 8", Salah Satu Game Terbaik 2024

Kompas.com - 30/01/2024, 19:10 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber OpenCritic

KOMPAS.com - Publisher game asal Jepang Bandai Namco Entertainment telah meluncurkan game fighting Tekken 8 di platform PC, PlayStation 5 (PS5), dan Xbox Series X/S. Penerus dari Tekken 7 (2015) ini mendapatkan ulasan yang baik dari kritikus game.

Di situs OpenCritic yang merangkum ulasan game dari sejumlah media game populer, Tekken 8 meraih skor 90/100 dari 88 buah ulasan. Sebanyak 98 persen kritikus merekomendasikan pemain untuk menjajal game Tekken 8.

Dengan skor seperti ini, Tekken 8 menjadi salah satu game terbaik yang dirilis pada 2024. Skor 90 juga diamankan oleh game The Last of Us Part II Remastered dan Like a Dragon: Infinite Wealth.

Jika dibandingkan, skor Tekken 8 juga lebih tinggi ketimbang prekuelnya itu. Tercatat bahwa Tekken 7 mendapatkan skor 82 dari 131 buah ulasan di OpenCritic. Sebanyak 83 persen kritikus merekomendasikan game tersebut.

Baca juga: PC Kentang Minggir Dulu, Game Tekken 8 Butuh Storage 100 GB

Adapun salah satu ulasan Tekken 8 yang paling positif datang dari media game Eurogamer (skor 5/5). Menurut pengulas bernama Lewis Parker, Tekken 8 terasa sangat berbeda dari Tekken 7 karena berbagai faktor.

Salah satunya, Tekken 8 menghadirkan mode khusus yang mengajarkan pengguna cara memanfaatkan berbagai jurus dan kombo. Ini berbeda dari game Tekken sebelumnya yang bahkan tidak memiliki sistem tutorial.

Nilai positif juga diberikan untuk mode cerita Tekken 8 yang disebut fantastis, dilengkapi dengan akting suara yang sangat baik. Bagi pengguna yang sudah melupakan cerita Tekken 8, mereka dapat memanfaatkan rekap cerita yang disediakan dalam game itu sendiri.

Kekurangan Tekken 8 terletak pada sistem kontrol baru yang dihadirkan. Sebagai informasi, Tekken 8 memperkenalkan sistem kontrol sederhana yang memungkinkan pengguna melancarkan berbagai kombo dengan satu tombol, mirip seperti Street Fighter 6.

Parker merasa bahwa sistem kontrol ini kurang baik dibandingkan Street Fighter 6. Sebab, karakter di Tekken 8 memiliki banyak sekali jurus yang bisa digunakan, sehingga penggunaan tombol ini terasa sangat membatasi kemampuan karakter.

Tekken 8 digarap menggunakan Unreal Engine 5Gematsu Tekken 8 digarap menggunakan Unreal Engine 5
Ulasan positif berikutnya datang dari media game GamesRadar+ (skor 5/5). Oscar Taylor-Kent selaku pengulas mengatakan entri kedelapan ini merupakan Tekken yang terbaik sepanjang sejarah.

Baca juga: Bukan Street Fighter atau Tekken, Ini Dia Game Adu Jotos Pertama di Dunia

Hal ini dikarenakan sejumlah faktor, mulai dari visual yang memanjakan mata berkat penggunaan mesin pengembang Unreal Engine 5, sistem kontrol baru yang sederhana, hingga ketersediaan 32 karakter, masing-masing dengan gaya bermainnya sendiri.

Berbeda dari Eurogamer, poin negatif justru dilayangkan untuk mode ceritanya. Taylor-Kent menjelaskan bahwa cerita Tekken 8 tidak menawarkan progres yang signifikan dan hanya terasa seperti persiapan untuk mode cerita di Tekken berikutnya.

Selain itu, banyaknya jurus dan kombo yang dimiliki setiap karakter Tekken 8 kemungkinan bisa membuat pemain kewalahan. Pada saat yang bersamaan, pengguna yang berhasil mempelajari kombo tersebut akan terasa puas.

Skor paling rendah diberikan oleh media game Stevivor (7/10). Dengan begitu, bisa dibilang Tekken 8 merupakan game yang baik, karena skor 7 sifatnya masih positif alias "Good".

Menurut Steve Wright selaku pengulas Stevivor, ia tidak terlalu terkesan dengan Tekken 8 apabila dibandingkan dengan pengalamannya bermain Street Fighter 6 dan Mortal Kombat 1.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com