Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Startup Lokal Lolos NextDev Academy

Kompas.com - 04/02/2024, 08:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sembilan startup lokal yang lolos program Telkomsel NextDev Talent Scouting tahun ke-9,  akan mengikuti NextDev Academy.

Kesembilan startup tersebut adalah:

  • Slab Games
  • Ikan Asin Production
  • Dulang
  • Smartcoop
  • CARInih
  • Cards
  • Water Coin
  • AiFarm
  • Akar

Sembilan peserta startup tersebut berasal dari empat sustainable digital startup tracks di NextDev Talent Scouting yakni Digital Lifestyle, Commerce Enablement, Emerging Technologies, dan Digital Food Ecosystem.

Baca juga: Telkomsel Targetkan 250 Startup Ikut NextDev, 9 Terbaik Masuk Inkubasi

Dalam NextDev Academy, peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan komprehensif untuk meningkatkan kapabilitas startup mereka.

Beberapa kegiatannya antara lain assesment and startup diagnostic yang melibatkan proses peninjauan secara mendalam yang terfokus pada empat aspek, seperti evaluasi produk; serta analisis pasar dan segmentasi konsumen.

Selain itu ada pula assesment yang meliputi model bisnis yang menyoroti struktur biaya dan sumber pendapatan serta skalabilitasnya; hingga komposisi tim startup untuk memastikan kualitas kerja sama keseluruhan.

"Startup dapat membangun fundamental yang kuat untuk terus bertumbuh dan memberikan dampak positif secara berkelanjutan," ujar VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono.

Baca juga: Startup Ingin Ikut Program Inkubasi Telkomsel NextDev? Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Selain itu akan ada orientation and bootcamp yang menghadirkan modul-modul untuk menambah wawasan dalam aspek ekosistem bisnis Telkomsel, penguatan fundamental founder, keterampilan komunikasi dan negosiasi, menciptakan produk dan jasa yang berfokus pada pelanggan, membangun pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, serta meracik komposisi yang tepat dalam struktur organisasi.

Selanjutnya ada online incubation yang akan menghadirkan berbagai pelatihan dan bimbingan dari mentor-mentor ahli di bidang bisnis, teknologi, dan sosial.

Sesi-sesi tersebut akan di isi oleh pembicara-pembicara ahli di sektor digital di Tanah Air.

Informasi lebih lanjut terkait perkembangan Program NextDev dapat dicek melalui laman nextdev.co.id, atau media sosial Instagram, Linkedin, serta YouTube NextDev.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com