Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memutuskan Hubungan Akun Instagram dengan Facebook, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 04/02/2024, 14:03 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sejak terintegrasi di bawah Meta, akun Instagram dan Facebook sekarang bisa saling terhubung. Meski bisa saling terhubung, dalam kondisi tertentu, pengguna mungkin bakal membutuhkan cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook.

Akun Instagram dan Facebook yang saling terhubung pada dasarnya bisa membantu memudahkan pengguna dalam mengelola akun-akun pada kedua platform yang berbeda itu secara bersamaan.

Baca juga: Cara Mengubah Nama Profil Pengguna di Instagram dengan Mudah

Pengelolaan terintegrasi tersebut misalnya bisa dilihat dari tindakan mengunggah Story. Saat akun Instagram terhubung dengan Facebook, pengguna bisa mengunggah Story di Instagram dan secara otomatis postingan itu bisa juga terunggah di Facebook.

Di satu sisi, berbagi konten secara otomatis di Facebook dan Instagram itu mungkin kurang disukai pengguna. Pengguna bisa saja hanya menginginkan untuk mengunggah konten di salah satu dari kedua platform tersebut.

Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara menghapus akun Instagram dengan Facebook. Lantas, bagaimana cara menghapus akun Instagram yang terhubung dengan Facebook?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook secara mudah dan praktis.

Cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook

Cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook itu sejatinya cukup mudah. Untuk melakukannya, pengguna dapat membuka menu Pusat Akun atau Account Center yang terdapat di Facebook dan Instagram.

Jadi, untuk menghapus akun Instagram yang terhubung dengan Facebook, caranya ada dua. Pengguna bisa menghapus akun Instagram yang terhubung dengan Facebook lewat menu Pusat Akun yang terdapat di Facebook dan menu Pusat Akun di Instagram.

Baca juga: 2 Cara Melihat Username Instagram Sebelumnya dengan Mudah

Adapun penjelasan yang lebih detail soal masing-masing cara menghapus akun Instagram yang terhubung dengan Facebook tersebut adalah sebagai berikut.

1. Dari aplikasi Facebook

  • Buka aplikasi Facebook dan pastikan sudah login akun.
  • Selanjutnya, klik tiga garis vertikal di pojok kanan atas dan pilih menu “Pengaturan dan Privasi”.
  • Kemudian, gulir ke bawah dan klik menu “Pusat Akun”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Akun”.
  • Di opsi tersebut, pengguna bisa menghapus akun Instagram atau Facebook yang bertaut di pusat akun Meta.
  • Pilih akun Instagram atau Facebook yang hendak dihapus penautannya.
  • Setelah itu, klik opsi “Hapus” dan pilih “Lanjutkan”.
  • Akun Instagram atau Facebook pengguna tersebut bakal dihapus hubungannya dari satu akun.

Ilustrasi cara menghapus akun Instagram yang terhubung dengan Facebook dari aplikasi Facebook.Kompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara menghapus akun Instagram yang terhubung dengan Facebook dari aplikasi Facebook.

2. Dari aplikasi Instagram

  • Buka aplikasi Instagram dan pastikan sudah login akun.
  • Kemudian, di halaman awal aplikasi Instagram, pilih menu garis vertikal di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, klik menu “Pengaturan dan privasi” dan pilih opsi “Pusat akun”.
  • Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih “Akun”.
  • Pilih akun Facebook atau Instagram yang hendak dihapus penautannya dari satu akun.
  • Terakhir, klik opsi “Hapus” dan akun tersebut tidak akan terintegrasi lagi.

ilustrasi cara memutushkan hubungan Instagram dengan Facebook.Kompas.com/soffyaranti ilustrasi cara memutushkan hubungan Instagram dengan Facebook.

Cukup mudah bukan cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook? Cara ini sangat berguna apabila pengguna ingin mengelola akun-akun dari kedua platform tersebut secara terpisah.

Sebagai informasi, menghapus hubungan akun Instagram dengan Facebook hanya akan menghilangkan fitur-fitur terintegrasi. Jadi, saat sudah hubungannya terputus, konten yang diunggah pengguna tak akan terunggah otomatis di kedua platform itu.

Baca juga: Cara Hapus Akun Instagram Permanen dan Sementara

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook secara mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com