Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Roblox" Rilis Fitur Penerjemah Chat secara Otomatis, Ada Bahasa Indonesia

Kompas.com - 07/02/2024, 07:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Roblox

KOMPAS.com - Game Roblox resmi merilis fitur terjemahan otomatis di fitur percakapan, bernama Automatic Chat Translation ke dalam game.

Sebagaimana namanya, fitur ini mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), dan secara otomatis akan menerjemahkan seluruh isi pesan dalam bahasa asing ke bahasa yang didukung Roblox.

Menurut blog resmi Roblox, ada sekitar 16 bahasa yang didukung di dalam game, termasuk bahasa Indonesia.

Dengan begitu, pengguna di Tanah Air bisa langsung menerima isi pesan berbahasa asing yang akan langsung diterima secara otomatis ke dalam bahasa Indonesia, tanpa harus menerjemahkan pesan tersebut secara manual. Hal ini juga akan berlaku sebaliknya.

Baca juga: Seminggu Rilis di PS, Roblox Tempel Call of Duty dan Fortnite

Sebagai gambaran skenario, ketika pengguna Indonesia mengetikkan kalimat berbahasa Indonesia di dalam kolom percakapan, penerima pesan tersebut akan membacanya sebagai bahasa Ibu atau bahasa lain, yang didukung Roblox (misalnya Jerman, Korea, Italia, Inggris, dan lain sebagainya).

Fitur Automatic Chat Translation di game Roblox.Kompas.com/BILL CLINTEN Fitur Automatic Chat Translation di game Roblox.

Kemudian, jika pengguna lainnya mengirimkan pesan kepada kita menggunakan bahasa asing yang mereka pahami, maka kita akan menerima dan membaca pesan tersebut dalam bahasa Indonesia. Sehingga, komunikasi tetap terjaga meski pengguna menggunakan bahasa yang berbeda untuk chatting di Roblox.

Nah, untuk ketersediaan, fitur Automatic Chat Translation sudah tersedia secara global di dalam aneka dunia (Experience) yang ada di game Roblox, terutama dunia yang memanfaatkan fitur jendela percakapan (TextChatService), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Roblox, Rabu (7/2/2024).

Baca juga: Roblox Hadir di PS4 dan PS5 10 Oktober, Ada Fitur Cross-Platform

Pantauan KompasTekno, fitur ini sudah bisa kami gunakan per Selasa sore WIB, dan fitur ini bisa diaktifkan di menu pengaturan dengan menyalakan opsi "Automatic Chat Translation".

Untuk menerjemahkan bahasa yang ada di dalam jendela percakapan secara otomatis menggunakan AI ke bahasa Indonesia, pengguna bisa mengubah opsi "Experience Language" ke "Indonesian".

Chief Technology Officer at Roblox, Daniel Sturman mengatakan bahwa fitur terjemahan otomatis pakai AI ini mengandalkan model bahasa (large language model/LLM) buatan Roblox sendiri.

Ke depannya, AI dan LLM ini akan dipakai di aneka fitur Roblox, termasuk fitur terjemahan suara yang menggunakan AI (AI Voice Translation).

"Dengan begitu, semua pengalaman yang didapatkan pengguna di game ini bisa dinikmati dengan baik, meski dengan bahasa yang berbeda-beda," pungkas Daniel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com