Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roblox Hadir di Konsol PS4 dan PS5 Bulan Depan

Kompas.com - 10/09/2023, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Game simulasi yang memungkinkan pemainnya membuat dunia virtual, yaitu Roblox meluncur pada 1 September 2006 lalu.

Game ini kemudian hadir secara bertahap di platform lain, mulai dari iOS (2012), Android (2014), Xbox One (2015), hingga konsol virtual reality (VR) Meta Quest 2 dan Meta Quest Pro (2023).

Kini, setelah sekitar kurang lebih 17 tahun hadir di platform Windows PC, game buatan Roblox Corporation tersebut akhirnya akan menyambangi konsol PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5) bulan depan. 

Hal ini disampaikan Roblox Corporation dalam ajang Roblox Developers Conference (RDC) yang digelar pada Jumat (8/9/2023) lalu.

Baca juga: Calon Karyawan Roblox Diwawancara di Dalam Game

Dalam acara tersebut, pihak Roblox memastikan bahwa game terpopuler mereka ini akan meluncur di PS4 dan PS5 pada Oktober 2023 mendatang.

Pihak Roblox tak mengumbar tanggal pasti peluncuran Roblox di PS4 dan PS5. Namun yang jelas, para pemain Roblox di konsol PlayStation bisa merasakan pengalaman bermain yang sama dengan platform lain, alias tak ada fitur yang dipangkas. 

Artinya, pengguna di kedua platform tersebut bisa langsung masuk (login) menggunakan akun Roblox mereka untuk melanjutkan progres game Roblox yang telah mereka jalankan atau mainkan di platform lain.

Sebelum adanya konfirmasi ini, rumor terkait kehadiran Roblox di PS4 dan PS5 sebelumnya sudah menyeruak di internet. 

Hal ini mencuat karena adanya informasi lowongan kerja untuk posisi Gaming Console Software Enginer untuk konsol Sony PlayStation yang diunggah Roblox Corporation sekitar 2022 lalu. 

Selain itu, pada pengumuman laporan keuangan perusahaan sekitar Agustus lalu, CEO Roblox Corporation, David Baszucki juga memberikan petunjuk bahwa game buatannya itu akan hadir di konsol PlayStation dan Nintendo Switch dalam waktu dekat. 

Nintendo Switch kapan?

Ilustrasi Nikeland di game Roblox.Gizmochina Ilustrasi Nikeland di game Roblox.

Seperti disebutkan di atas, Roblox bisa dimainkan di beberapa platform seperti PC, iOS, Android, Xbox One, hingga Meta Quest dan Meta Quest Pro.

Baca juga: Roblox Bakal Bisa Dimainkan Langsung dengan Headset VR Facebook

Dengan adanya kabar terbaru ini, Roblox juga kini tersedia di PS4 dan PS5. Lantas, bagaimana dengan konsol Nintendo Switch? 

Juru bicara Roblox Corporation, Roman Skuratovskiy mengatakan bahwa pihaknya saat ini belum memiliki informasi terkait tanggal peluncuran Roblox di konsol Nintendo tersebut. 

Namun, ia menyebut bahwa pihaknya ingin Roblox ada di semua platform, sehingga game ini kemungkinan akan hadir di Nintendo Switch dalam beberapa waktu ke depan, hanya saja tanggal atau bulannya masih misterius.

"Saat ini, kami tidak ada rencana untuk menghadirkan Roblox di Nintendo Switch dalam waktu dekat," ujar Roman, dikutip KompasTekno dari TheVerge, Minggu (10/9/2023). 

"Meski demikian, kami ingin game ini ada di berbagai platform yang tersedia saat ini. Mohon ditunggu, karena hal tersebut akan terwujud dalam beberapa waktu ke depan," pungkas Roman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com